Semarak Idul Adha di Batam: Dataran Engku Putri Bergema Takbir dan Doa

- 17 Juni 2024, 13:30 WIB
Ribuan warga Batam shalat Id Adha di Dataran Engku Putri
Ribuan warga Batam shalat Id Adha di Dataran Engku Putri /Jesica/antara

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Ribuan warga Kota Batam, Kepulauan Riau, memadati Dataran Engku Putri untuk melaksanakan shalat Idul Adha 1445 Hijriah pada Senin (17/6) pagi. Suasana khusyuk dan penuh semangat mewarnai perayaan Hari Raya Kurban di kota yang dijuluki "Kota Industri" ini.

Jamaah shalat yang datang tak hanya berjalan kaki, namun juga menggunakan berbagai kendaraan, seperti motor, mobil, dan bus. Sesampainya di Dataran Engku Putri, mereka langsung menggelar sajadah dan mengumandangkan takbir dengan penuh semangat.

Suasana Sukacita dan Semangat Berkurban

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam Zulkarnain Umar mengungkapkan bahwa terdapat 903 lokasi pelaksanaan shalat Idul Adha yang tersebar di 12 kecamatan di Batam. Dataran Engku Putri menjadi salah satu lokasi utama, bersama dengan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah dan Masjid Baiturrahman Sekupang.

"Sebanyak 903 lokasi itu terdiri dari pelaksanaan shalat, paling banyak lokasinya di Kecamatan Sekupang yaitu 134 lokasi," katanya.

Baca Juga: Kemenkominfo Gencarkan Upaya Pencegahan Judi Online: SMS Blast, Pemblokiran Konten, dan Penutupan Akun

Semangat berkurban juga terlihat jelas dalam perayaan Idul Adha di Batam. Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin Hamid mengajak masyarakat untuk menyambut Hari Raya Idul Adha dengan penuh suka cita dan menjadikan momen ini sebagai ajang introspeksi diri dan memperkuat keimanan kepada Allah SWT.

Pawai Takbir Semarakkan Malam Sebelumnya

Antusiasme masyarakat Batam dalam menyambut Idul Adha sudah terlihat pada malam harinya. Pawai takbir yang digelar di Dataran Engku Hamidah pada Minggu (16/6) malam menjadi bukti keceriaan dan semangat umat Islam di kota ini.

Halaman:

Editor: Akhlil

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini