Kemendikbudristek Asah Keahlian Instruktur Barista Lewat Magang di Industri Kopi

- 16 Juni 2024, 09:00 WIB
Tingkatkan Kompetensi, Kemendikbudristek Magangkan LKP Barista di Industri Kopi
Tingkatkan Kompetensi, Kemendikbudristek Magangkan LKP Barista di Industri Kopi /Dok Kemendikbudristek/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali menyelenggarakan Program Magang Instruktur dan Pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) dengan fokus pada peningkatan kompetensi sesuai tren industri terkini di tahun 2024.

Kali ini, Kemendikbudristek menggandeng Indonesia Coffee Academy by Anomali Coffee sebagai mitra untuk mengasah keterampilan instruktur dan pengelola LKP terkait industri kopi yang sedang berkembang pesat.

Sebanyak 15 instruktur dan pengelola LKP terpilih mengikuti program magang intensif di Indonesia Coffee Academy, Jakarta, pada 5-14 Juni 2024. Para peserta ini sebelumnya telah melalui proses seleksi yang ketat.

Direktur Kursus dan Pelatihan, Nahdiana, mengungkapkan bahwa program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi instruktur LKP dalam bidang barista, sehingga mereka dapat menghasilkan lulusan yang siap bekerja di industri kopi.

"Peningkatan kualitas SDM melalui Program Magang Instruktur dan Pengelola Kursus dan Pelatihan ini merupakan upaya upskilling bagi para instruktur LKP," tutur Nahdiana.

"Diharapkan LKP nantinya dapat menjadi salah satu pilihan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pelatihan barista yang berkualitas." tambahnya.

Baca Juga: Mahasiswa Tewas di Tangan Jambret Sadis, Dua Pelaku Merupakan Residivis

Salah satu pendiri Anomali Coffee, Irvan Helmi, menyambut baik program ini dan melihat potensi besar dalam pendidikan vokasi untuk menghubungkan dunia kopi dari hulu ke hilir dengan sektor pendidikan.

"Kami senang dapat bekerja sama dengan Kemendikbudristek dalam mempersiapkan talenta instruktur barista. Di sini, kami fasilitasi peserta program magang untuk meningkatkan keterampilan mereka," ujar Irvan.

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini