Banjir Rendam Tiga Kecamatan di Banggai Laut, 17 KK Mengungsi

- 16 Juni 2024, 07:00 WIB
Sejumlah rumah di Kabupaten Banggai Laut terendam banjir dengan ketinggian mencapai 50 cm sejak Kamis (13/6/2024)
Sejumlah rumah di Kabupaten Banggai Laut terendam banjir dengan ketinggian mencapai 50 cm sejak Kamis (13/6/2024) /infopublik.id/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah pada Kamis malam (13/6/2024) menyebabkan banjir di tiga kecamatan, yaitu Banggai, Banggai Selatan, dan Banggai Tengah. Akibatnya, 17 kepala keluarga (KK) dari 165 KK terdampak terpaksa mengungsi.

"Banjir terjadi akibat meluapnya air sungai karena tingginya intensitas hujan pada malam sebelumnya," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya, Sabtu (15/6/2024).

Banjir merendam 111 rumah warga dan satu fasilitas umum (fasum) dengan ketinggian air mencapai 20-50 sentimeter. Empat desa dan satu kelurahan di Kecamatan Banggai, satu desa di Kecamatan Banggai Selatan, dan empat desa di Kecamatan Banggai Tengah terkena dampak banjir.

Menurut laporan BNPB yang diterima pada Jumat (14/6/2024) pukul 19.00 WIB, hujan masih berlangsung dengan intensitas sedang di wilayah tersebut. BPBD Kabupaten Banggai Laut tengah melakukan pendataan dan berkoordinasi dengan Kepala Desa setempat untuk memastikan langkah penanganan banjir berjalan dengan baik.

Kebutuhan mendesak di lokasi terdampak banjir antara lain makanan siap saji, air bersih, dan pemulihan jaringan listrik. BNPB mengimbau masyarakat di Banggai Laut untuk tetap waspada terhadap potensi banjir susulan, mengingat prakiraan cuaca BMKG menunjukkan wilayah tersebut berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga tinggi hingga Minggu (16/6/2024).

Baca Juga: Mahasiswa Tewas di Tangan Jambret Sadis, Dua Pelaku Merupakan Residivis

Upaya Penanganan dan Imbauan

BPBD Kabupaten Banggai Laut telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk menangani banjir ini. Petugas BPBD dan relawan membantu warga yang terdampak banjir, termasuk proses evakuasi dan pendistribusian bantuan.

BNPB juga mengimbau masyarakat di Banggai Laut untuk selalu waspada terhadap potensi bencana alam, khususnya banjir. Pastikan untuk selalu memantau informasi cuaca dari BMKG dan ikuti instruksi dari petugas jika terjadi situasi darurat.

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah