Polteknaker Beri Kuliah Gratis untuk Lulusan SMA Tak Lolos SNBT

- 16 Juni 2024, 06:00 WIB
Suasana pelaksanaan UTBK-SNBT 2024 hari pertama di Gedung Tower 1 ITS
Suasana pelaksanaan UTBK-SNBT 2024 hari pertama di Gedung Tower 1 ITS /infopublik.id/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Politeknik Ketenagakerjaan (Polteknaker) memberikan angin segar bagi para lulusan SMA dan sederajat yang gagal dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024. Polteknaker membuka program kuliah gratis dengan biaya kuliah sepenuhnya ditanggung oleh negara, menawarkan harapan baru bagi calon mahasiswa yang belum berhasil masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi, menyampaikan bahwa Polteknaker menyediakan kesempatan ini guna memastikan setiap lulusan SMA yang ingin melanjutkan pendidikan tetap memiliki jalan untuk mencapai cita-citanya.

"Polteknaker memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa yang tak lolos jalur SNBT, namun masih memiliki keinginan kuliah di PTN. Saat ini Polteknaker masih membuka kesempatan kuliah vokasi dengan beasiswa pendidikan 100 persen ditanggung negara," ujarnya pada Sabtu (15/6/2024).

Program kuliah gratis ini terbuka bagi lulusan SMA dan sederajat dari semua jurusan. Syarat utama adalah calon mahasiswa harus berusia maksimal 25 tahun hingga 27 Juni 2024. Polteknaker menjamin pendidikan vokasi yang diberikan mengutamakan prinsip adil, akuntabel, efisien, dan transparan.

Kesempatan ini diberikan tanpa diskriminasi berdasarkan jenis kelamin, agama, suku, ras, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi.

Baca Juga: Mahasiswa Tewas di Tangan Jambret Sadis, Dua Pelaku Merupakan Residivis

Anwar Sanusi menegaskan bahwa Polteknaker, sebagai perguruan tinggi non kedinasan di bawah naungan Kementerian Ketenagakerjaan, telah sukses mencetak lulusan-lulusan unggul yang kompeten dan siap kerja.

“Kami berkomitmen untuk terus memberikan pendidikan berkualitas melalui program studi dan tenaga pendidik yang berpengalaman,” tambahnya.

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun ajaran 2024/2025 di Polteknaker dilaksanakan melalui jalur Seleksi Berdasarkan Tes (SBT) yang dilakukan secara daring. Pendaftaran dapat dilakukan melalui situs resmi Polteknaker di https://pmb.polteknaker.ac.id/. Batas akhir pendaftaran untuk program kuliah gratis ini adalah 27 Juni 2024 pukul 23.59 WIB.

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah