Gurita dan Tuna Indonesia Melintasi Batas: Ekspansi PT Perikanan Indonesia ke Pasar Internasional

- 1 Juni 2024, 20:05 WIB
PT Perikanan Indonesia Membidik Pasar Internasional dengan Ekspor Gurita ke Vietnam
PT Perikanan Indonesia Membidik Pasar Internasional dengan Ekspor Gurita ke Vietnam /indopublik.id/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - PT Perikanan Indonesia, yang merupakan bagian dari ID FOOD, menegaskan komitmennya dalam memperluas pasar internasional dengan merambah ceruk baru pada tahun 2024. Langkah tersebut ditandai dengan ekspor perdana komoditas Gurita ke Vietnam, negara baru dalam daftar tujuan ekspor perusahaan.

Ekspor ke Vietnam, yang sebelumnya telah rutin memasok produk perikanan ke sejumlah negara seperti Jepang, Amerika Serikat, Korea Selatan, Thailand, China, Filipina, dan Singapura, dianggap sebagai langkah strategis bagi PT Perikanan Indonesia untuk menjangkau pasar baru.

Tindak lanjut dari partisipasi dalam Gelaran Meet Indonesia di Vietnam, di mana Direktur Utama PT Perikanan Indonesia turut hadir, menjadi momentum penting dalam memperkuat kerja sama antara Indonesia dan Vietnam dalam pengembangan rantai pasok kawasan, terutama dalam sektor perikanan.

Direktur Utama PT Perikanan Indonesia, Sigit Muhartono, menyatakan komitmen perusahaan dalam mendukung agenda pemerintah untuk meningkatkan ekspor produk perikanan serta mendukung inklusivitas nelayan. Ekspor perdana Gurita ini menjadi bukti nyata dari komitmen tersebut.

"Gurita merupakan salah satu produk unggulan PT Perikanan Indonesia yang telah lulus studi kelayakan terbaik," jelas Sigit. Gurita jenis Octopus Cyanea Grey yang diekspor ke Vietnam dan Jepang diproduksi di cabang Simeulue, Aceh.

Baca Juga: KONI Lingga Tersandung Kasus Korupsi, Bupati Lingga Harap Pengurus Sikapi dengan Bijak dan Berbenah

Cabang Simeulue telah menjadi pemasok rutin Gurita ke Jepang sejak 2021 dan baru memasuki pasar Vietnam pada tahun 2024. PT Perikanan Indonesia telah bekerja sama dengan nelayan lokal Simeulue dengan menerapkan konsep One Day Fishing, di mana hasil tangkapan Gurita langsung diproses setelah ditangkap untuk memastikan kualitas produk yang optimal.

Selain ekspor Gurita, PT Perikanan Indonesia juga telah mengekspor komoditas Loin Tuna ke Singapura. Produk Loin Tuna diproduksi di Cabang Bitung, Sulawesi Utara, dan dipasok kepada perusahaan pangan ternama di Singapura, Kida Food Trading.

Langkah-langkah ini menunjukkan komitmen PT Perikanan Indonesia dalam mengembangkan bisnisnya secara global serta memberdayakan sektor perikanan lokal untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan inklusi sosial di Indonesia.

Editor: Husni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah