Memburu Teroris Papua: Kisah Penangkapan Anggota KKB Pimpinan Undinus Kogoya

- 22 Mei 2024, 18:00 WIB
Aparat gabungan TNI-Polri mengamankan satu anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Undinus Kogoya
Aparat gabungan TNI-Polri mengamankan satu anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Undinus Kogoya /Humas Polri/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Kejadian tragis kembali melanda Kampung Madi, Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai, ketika sebuah serangan brutal dilancarkan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), meninggalkan belasan kios hancur dan sekolah terbakar. Namun, dalam kegelapan teror tersebut, ada cahaya harapan yang muncul ketika aparat gabungan TNI-Polri berhasil mengamankan satu anggota KKB yang diduga menjadi bagian dari serangan tersebut.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H., S.I.K., M.Kom., memberikan konfirmasi bahwa penangkapan tersebut telah dilakukan.

Kabid Humas menjelaskan bahwa penangkapan terhadap satu anggota KKB tersebut terjadi setelah aparat gabungan melakukan penyelidikan di tempat kejadian perkara (TKP) pembakaran kios di pertigaan Kopo, Kampung Madi, Distrik Paniai Timur. Dalam pemeriksaan yang dilakukan, satu anggota KKB yang diduga terlibat, pimpinan Undinus Kogoya, berhasil ditemukan.

"Kamis (22/05) sekitar pukul 05.45 WIT, satu anggota KKB tersebut ditemukan dalam kondisi luka berat di got atau parit TKP pembakaran kios," ungkap Kabid Humas, Rabu, (22/05/2024).

Menurutnya, anggota KKB yang mengalami luka berat langsung dievakuasi oleh personel gabungan ke RSUD Paniai untuk mendapatkan perawatan medis yang sesuai. Selain penangkapan, beberapa barang bukti juga berhasil diamankan oleh aparat, termasuk satu buah magazen yang terbakar, satu unit handphone, satu teleskop, dan satu pisau gergaji kecil.

Baca Juga: Berkut Nama-nama Polisi di Papua yang mendapatkan Penghargaan Pin Emas dari Kapolri

Sementara itu, Kapolres Paniai, AKBP Abdus Syukur Felani, S.I.K., menyampaikan bahwa meskipun situasi keamanan di Kabupaten Paniai mulai pulih, aparat gabungan TNI-Polri tetap waspada dan siaga untuk mengantisipasi kemungkinan serangan susulan.

Keberhasilan aparat dalam mengamankan satu anggota KKB ini memberikan harapan baru bagi masyarakat setempat. Langkah ini juga menunjukkan komitmen kuat dari aparat keamanan untuk menegakkan hukum dan melindungi warga dari ancaman kekerasan yang dilakukan oleh kelompok bersenjata.

Pada kesempatan ini, peran penting dari kerjasama antara TNI dan Polri juga patut ditekankan. Dalam menghadapi tantangan keamanan seperti ini, sinergi antara kedua lembaga tersebut menjadi kunci untuk menciptakan lingkungan yang aman dan damai bagi masyarakat.

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini