Menuju Pilkada 2024 yang Berkualitas di Papua: DKPP Dorong Peran Aktif Media dan Masyarakat!

- 28 April 2024, 12:43 WIB
Pilkada 2024 Papua: DKPP Minta Semua Pihak Bersatu Hati, Lawan Politik Uang dan Netralitas Aparatur!
Pilkada 2024 Papua: DKPP Minta Semua Pihak Bersatu Hati, Lawan Politik Uang dan Netralitas Aparatur! /

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Menjelang Pemilihan Kepala Daerah Serentak (Pilkada) 2024 di Papua, Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP) meminta semua pihak untuk mengambil tanggung jawab dalam menyukseskan pesta demokrasi ini.

Anggota DKPP, Ratna Dewi Pettalolo, menegaskan bahwa waktu penyelenggaraan pilkada sudah dekat, sehingga semua pihak harus memastikan persiapan dan proses tahapan pilkada berjalan sesuai perundang-undangan dan asas pemilu.

"Bukan hanya ketaatan perundangan-undangan, tapi juga terkait etika dan penyelenggaraan pemilu," kata Ratna dalam keterangan resminya, usai acara Ngobrol Etika Penyelenggaraan Pemilu dengan Media (Ngetren Media) di Jayapura.

Peran Penting Media Massa

Ratna memilih media massa sebagai mitra strategis untuk memberikan sosialisasi, edukasi etik, pengawasan, dan kontrol terhadap penyelenggara pemilu.

"Sumber daya manusia dari media massa sudah tersedia sehingga informasi secara cepat bisa tersampaikan kepada masyarakat luas," ujarnya.

Baca Juga: Intip Profil Hendry Lie: Dari Penerbangan ke Pusaran Kasus Timah

Media massa juga diharapkan dapat menyampaikan informasi secara objektif dan netral, serta membantu menilai kondisi penyelenggaraan pilkada di daerah agar dapat dilakukan perbaikan dan persiapan yang lebih baik untuk Pilkada 2024.

Tantangan dan Antisipasi

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x