Pedagang Nakal Masih Berjualan di Luar Pasar Encik Puan Perak, Satpol PP Siap Bertindak

- 7 Mei 2024, 09:30 WIB
asar Encik Puan Perak telah selesai dibangun dan pengelolaannya telah diserahkan kepada Pemerintah Kota Tanjungpinang
asar Encik Puan Perak telah selesai dibangun dan pengelolaannya telah diserahkan kepada Pemerintah Kota Tanjungpinang /

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Meskipun Pasar Encik Puan Perak telah selesai dibangun dan pengelolaannya telah diserahkan kepada Pemerintah Kota Tanjungpinang, masih terdapat sejumlah pedagang yang berjualan di luar pasar. Hal ini dikeluhkan oleh pedagang lain yang telah menempati kios dan berjualan di dalam pasar, karena menyebabkan pasar sepi pembeli.

Menanggapi situasi tersebut, Penjabat Wali Kota Tanjungpinang, Hasan, S.Sos, menggelar rapat bersama BUMD dan beberapa OPD terkait di Pasar Encik Puan Perak, Senin (6/5).

Hasil rapat memutuskan bahwa seluruh pedagang yang telah terdata dan masih berjualan di luar pasar diberi kesempatan hingga Senin (13/5) untuk pindah ke dalam pasar.

"Lakukan pendekatan persuasif terlebih dahulu, agar pedagang segera menempati kios dan lapak yang telah disediakan secara gratis. Senin (13/5) depan, tidak ada lagi pedagang yang berjualan di luar," kata Hasan.

BUMD juga diminta untuk segera melaksanakan langkah-langkah strategis dan tegas. Selama satu pekan ke depan, Satpol PP Kota Tanjungpinang bersama BUMD akan melakukan pengawasan. Jika pada jadwal yang telah ditetapkan pedagang masih kedapatan berjualan di trotoar dan area publik di sekitar pasar, Satpol PP akan memberikan sanksi sesuai dengan Perda Ketertiban Umum.

Baca Juga: Rudi dan Marlin: Membidik E-Sport Batam dan Kepri untuk Go Global

"Kita punya Perda, namun lebih dulu kita kedepankan langkah persuasif. Untuk pengawasan, kita sediakan pos Satpol PP di dalam pasar. Kita harapkan kerja sama dari pedagang. Lapak dan kios yang lebih representatif telah disediakan secara gratis, hingga tidak ada alasan untuk tidak menempatinya," ujar Hasan.

Pemerintah Kota Tanjungpinang berharap dengan ditertibkannya pedagang di Pasar Encik Puan Perak, pasar tersebut dapat menjadi pusat ekonomi yang ramai dan bermanfaat bagi masyarakat.

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini