Peduli Masyarakat Terdampak Erupsi, TNI AU Kirim Bantuan Logistik Melalui KRI Kakap-811

- 22 April 2024, 21:20 WIB
Personel TNI AU melalui Program TNI Peduli, memberikan bantuan logistik ke masyarakat yang terdampak bencana erupsi Gunung Ruang, di Tiga Desa, Kecamatan Tagulandang Utara, Sulawesi Selatan
Personel TNI AU melalui Program TNI Peduli, memberikan bantuan logistik ke masyarakat yang terdampak bencana erupsi Gunung Ruang, di Tiga Desa, Kecamatan Tagulandang Utara, Sulawesi Selatan /Dok. TNI/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) melalui Lanud Sam Ratulangi, Manado, terus bergerak cepat dalam membantu masyarakat terdampak bencana erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara. Bantuan logistik didistribusikan melalui “Program TNI Peduli” untuk memenuhi kebutuhan mendesak masyarakat.

Komandan Landasan Udara (Danlanud) Sam Ratulangi Marsma TNI Ramot C.P. Sinaga menjelaskan bahwa bantuan logistik ini diberikan melalui Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Kakap-811 yang bersandar di Pelabuhan Bitung. Pengiriman bantuan melalui jalur laut ini dilakukan karena Bandara Internasional Sam Ratulangi belum dapat beroperasi normal akibat debu abu vulkanik.

“Kami terus berkoordinasi dan memantau perkembangan situasi agar bantuan kemanusiaan juga dapat didistribusikan melalui jalur udara,” ujar Danlanud Sam Ratulangi.

Bantuan logistik yang diberikan TNI AU meliputi bahan makanan, sembako, obat-obatan, pakaian layak pakai, dan masker. Setibanya di Pelabuhan Pulau Tagulandang, personel Lanud Sam Ratulangi langsung mendistribusikan bantuan ke masyarakat yang membutuhkan di Desa Mulengen, Desa Bawoleu, dan Desa Wo di Kecamatan Tagulandang Utara.

Upaya TNI AU dalam Membantu Masyarakat Terdampak Bencana

Upaya TNI AU dalam membantu masyarakat terdampak bencana merupakan wujud komitmen TNI dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), serta melindungi rakyat dari segala bentuk ancaman dan bahaya. TNI AU selalu siap siaga untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, terutama dalam situasi bencana alam.

Baca Juga: Fakta Menarik Gunung Ruang: Raksasa Api di Ujung Utara Sulawesi Utara

Bantuan TNI AU di Media Sosial

Upaya TNI AU dalam membantu masyarakat terdampak bencana di Kepulauan Sitaro juga mendapat banyak apresiasi dari masyarakat. Hal ini terlihat dari banyaknya komentar positif di media sosial yang memuji kesigapan dan kepedulian TNI AU.

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah