Menuju Lingga yang Lebih Terkoneksi, Dishub Targetkan Penambahan Rute Pelayaran

- 9 Maret 2024, 16:48 WIB
Pertemuan dengan Badan Usaha Pelabuhan Kepulauan Riau (BUP Kepri) PT Pelabuhan Kepri (Perseroda), Jumat (08/03/2024)
Pertemuan dengan Badan Usaha Pelabuhan Kepulauan Riau (BUP Kepri) PT Pelabuhan Kepri (Perseroda), Jumat (08/03/2024) /Dok. DIshub Lingga/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lingga terus berupaya meningkatkan konektivitas antar pulau di wilayah Kabupaten Lingga. Salah satu langkah strategis yang dilakukan adalah menjalin kerjasama dengan Badan Usaha Pelabuhan Kepulauan Riau (BUP Kepri) PT Pelabuhan Kepri (Perseroda) pada Jumat (8/3/2024).

Pertemuan ini menghasilkan rencana terbaru untuk membuka rute pelayaran baru, yaitu Pelabuhan Tanjung Buton-Dabo Singkep. Rute ini diharapkan dapat meningkatkan mobilitas masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah Lingga.

Pengoperasian rute baru ini dijadwalkan akan dimulai pada pertengahan bulan Ramadhan mendatang.

Kepala Dishub Lingga, Hendry Efrizal, mengatakan bahwa masih ada beberapa dokumen kapal yang perlu dilengkapi sebelum rute baru ini dapat dioperasikan.

"Setelah semua dokumen lengkap, kami berharap dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kabupaten Lingga," kata Hendry.

Baca Juga: Fakta dan Bukti Baru Pengungkapan Dugaan Korupsi KONI Lingga Gunakan Dana Hibah pada Porprov Kepri 2022

Dishub Lingga menekankan pentingnya kerjasama dengan BUP Kepri untuk memenuhi kebutuhan armada kapal, terutama dalam mendukung ekonomi masyarakat melalui angkutan barang melalui transportasi laut.

"Kami berharap keseriusan dari pihak BUP dan operator untuk dapat memastikan kelancaran pelayanan pelayaran untuk masyarakat Lingga," ucap Hendry.

Dishub Lingga juga memiliki rencana ambisius untuk menambah rute pelayaran hingga ke Kepulauan Posek Pulau Mas dan sekitarnya, serta dari Muara Sabak, Provinsi Jambi ke Berhala, Berlian, dan Kampung Laut sebagai ikon wisata Kabupaten Lingga, selain pulau Benan.

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini