Lewat Situs Kawal Pemilu Cara Pantau hasil Pilpres dan Pemilu 2024, Berikut Caranya

- 14 Februari 2024, 19:48 WIB
Logo situs Kawal Pemilu.
Logo situs Kawal Pemilu. /Tangkapan layar kawalpemilu.org/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang berlangsung pada Rabu, 14 Februari 2024, merupakan salah satu peristiwa penting bagi demokrasi Indonesia. Pemilu ini menentukan siapa yang akan menjadi presiden dan wakil presiden, serta anggota legislatif di tingkat pusat dan daerah.

Proses perhitungan suara Pemilu ini berjenjang, dimulai dari pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga rekapitulasi suara di tingkat nasional oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas proses Pemilu, masyarakat Indonesia diberikan kesempatan untuk ikut mengawal perhitungan suara melalui laman Kawal Pemilu.

Kawal Pemilu adalah salah satu situs yang menyediakan platform bagi masyarakat untuk mengawal proses pemilu, dengan misi untuk memampukan seluruh lapisan masyarakat dalam mengawal pelaksanaan dan penghitungan hasil Pemilu di setiap TPS di seluruh Indonesia melalui teknologi yang mudah dan andal.

Cara kerja Kawal Pemilu sangat sederhana. Setiap orang dapat memfoto hasil pemilihan presiden (pilpres) dari TPS atau formulir C-PPWP yang berisikan hasil akhir setiap pasangan calon. Foto tersebut kemudian dapat diunggah ke situs Kawal Pemilu setelah melakukan login, disertai dengan angka hasil penghitungan suara.

Baca Juga: Pemilu 2024 PLN Batam Siagakan Ratusan Petugas dan Dirikan 16 Posko

Tim Kawal Pemilu akan mereview foto, hasil suara, dan lokasi TPS yang diunggah. Jika ada kesalahan atau ketidaksesuaian, tim akan menghubungi pengunggah untuk meminta klarifikasi atau koreksi.

Masyarakat juga dapat mengakses situs Jaga Pemilu yang memiliki fitur serupa untuk mengawal perhitungan suara.

Situs Kawal Pemilu dan Jaga Pemilu terbuka untuk digunakan oleh berbagai pihak, termasuk relawan dan saksi dari partai politik, petugas KPPS, KPU, Bawaslu, serta masyarakat umum yang ingin mengawal hasil Pilpres.

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini