Menteri Perhubungan Budi Gunawan Tinjau Bandara RHA Karimun

- 9 Februari 2024, 16:08 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi saat meninjau Bandara Raja Haji Abdullah (RHA), Kabupaten Karimun didampingi Gubernur Ansar dan Bupati Karimun, Aunur Rafiq
Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi saat meninjau Bandara Raja Haji Abdullah (RHA), Kabupaten Karimun didampingi Gubernur Ansar dan Bupati Karimun, Aunur Rafiq /Dok. Pemprov Kepri/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi didampingi Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad melakukan peninjauan ke Bandara Raja Haji Abdullah (RHA), Kabupaten Karimun, pada Kamis (8/2/2024). Kunjungan ini bertujuan untuk memantau progres pembangunan dan perpanjangan landasan pacu Bandara RHA dari 1.800 meter menjadi 2.000 meter.

Dalam rombongan, tampak hadir juga Bupati Karimun Aunur Rafiq dan anggota DPR RI Asman Abnur. Mereka berdiskusi terkait urgensi perpanjangan landasan pacu Bandara RHA agar dapat didarati pesawat berbadan besar seperti Boeing 737.

Menhub Budi Karya Sumadi menjelaskan bahwa perpanjangan landasan pacu Bandara RHA merupakan langkah penting untuk meningkatkan konektivitas udara ke Karimun. Dengan kemampuan mendaratnya pesawat Boeing 737, akan memudahkan akses masyarakat menuju Tanjung Balai Karimun, yang pada gilirannya akan mendukung pertumbuhan industri dan pariwisata di Karimun serta kawasan Kepulauan Riau.

"Kita mengupayakan pesawat Boeing 737 akan bisa landing di sini. Supaya industri dan pariwisata tambah maju. Ini perintah Presiden pulau terluar harus dilaksanakan pembangunan," ujar Menhub.

Menhub menargetkan tahun ini landasan pacu dapat mencapai panjang 2.000 meter. Ia juga menyampaikan optimisme bahwa pembebasan lahan akan segera diselesaikan untuk mencapai target tersebut.

Di sisi lain, Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad mengapresiasi perhatian besar pemerintah pusat terhadap Kepulauan Riau, terutama dalam pembangunan infrastruktur transportasi. Ia menyatakan bahwa ini adalah harapan yang telah dinantikan oleh masyarakat selama puluhan tahun.

“Luar biasa saya apresiasi kepada Kementerian Perhubungan dan ini memang yang dinanti masyarakat sudah puluhan tahun, ada penerbangan langsung ke Kepulauan Karimun. Selain itu sebagai pulau terdepan, kawasan ini juga masif dengan investasi terutama industri dan pariwisata. Mudah-mudahan ini bisa segera terealisasi,” katanya.

Bandara Raja Haji Abdullah saat ini memiliki luas terminal 770 m2 dan panjang landasan pacu 1.800 x 30 m yang dapat didarati pesawat ATR 72. Selain meninjau Bandara, Menhub dan rombongan juga melakukan peninjauan di Pelabuhan Roro Parit Rempak, Pelabuhan Bongkar Muat Taman Bunga, dan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Balai Karimun.

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah