Pesan Inspiratif Bob Sadino: Harta Benda Tidak Selalu Menentukan Kebahagiaan

- 22 April 2024, 19:00 WIB
Mendiang Bob Sadino merupakan salah satu pengusaha asal Indonesia yang cukup disegani.
Mendiang Bob Sadino merupakan salah satu pengusaha asal Indonesia yang cukup disegani. /Twitter

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Bob Sadino, pengusaha legendaris Indonesia, dikenal dengan kata-katanya yang bijak dan inspiratif. Salah satu kata-katanya yang masih relevan hingga hari ini adalah:

"Keluargaku .. Di saat kita memakai jam tangan seharga Rp 500.000,- atau Rp 50.000.000,-, kedua jam itu menunjukkan waktu yg sama."

Kata-kata ini mengingatkan kita bahwa harta benda tidak selalu menentukan kebahagiaan. Barang-barang mewah seperti jam tangan mahal mungkin terlihat berbeda, tapi fungsinya tetap sama: menunjukkan waktu.

Kebahagiaan Sejati Bukan Berasal dari Harta Duniawi

Bob Sadino menekankan bahwa kebahagiaan sejati bukan datang dari harta duniawi. Hal ini dibuktikan dengan contoh lain yang dia berikan, seperti mengayuh sepeda, membawa tas, tinggal di rumah, dan terbang dengan pesawat. Terlepas dari harga dan kualitasnya, semua benda ini memiliki fungsi yang sama dan tidak selalu meningkatkan kebahagiaan kita.

Pentingnya Keluarga dan Persahabatan

Menurut Bob Sadino, kebahagiaan sesungguhnya adalah ketika kita memiliki orang-orang tercinta di sekitar kita. Menghabiskan waktu bersama keluarga, anak, saudara, teman dekat, dan teman baru, bercanda, tertawa, bercerita, dan berbagi suka duka, itulah yang benar-benar berharga.

Renungan Dalam Hidup

Bob Sadino juga memberikan beberapa renungan dalam hidup yang patut dipertimbangkan:

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini