Disdukcapil Pekanbaru: 3.441 Pemilih Pemula Belum Rekam Data KTP Elektronik

- 18 Juni 2024, 16:00 WIB
Kepala Disdukcapil Pekanbaru Irma Novrita
Kepala Disdukcapil Pekanbaru Irma Novrita /

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Sebanyak 3.441 pemilih pemula di Pekanbaru masih belum melakukan perekaman data untuk Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el). Hal ini menjadi perhatian serius mengingat pada 27 November mendatang, saat Pilkada berlangsung, mereka sudah akan berusia 17 tahun dan berhak untuk memilih.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pekanbaru, Irma Novrita, menyatakan dalam keterangan pers pada Kamis (13/6/2024) bahwa pihaknya tengah berupaya maksimal untuk menyelesaikan perekaman data ini.

"Per 8 Juni, masih ada sekitar 3.441 orang yang belum perekaman data untuk KTP elektronik. Ketika pada 27 November nanti (saat Pilkada), mereka sudah berusia 17 tahun," ungkap Irma.

Pemilih pemula ini terdiri dari kalangan pelajar dan non-pelajar. Untuk itu, Disdukcapil membuka layanan khusus pemilih pemula pada hari Sabtu dan Minggu. Selain itu, mereka juga akan mengunjungi sekolah-sekolah dan kantor kelurahan untuk memfasilitasi perekaman data.

"Kami juga akan turun ke sekolah-sekolah dan kantor kelurahan. Supaya, proses perekaman KTP-el ini rampung," lanjut Irma.

Baca Juga: Polda Metro Jaya Bongkar Sindikat Uang Palsu Rp22 Miliar di Jakarta Barat

Meskipun remaja berusia 16 tahun ke atas sudah bisa melakukan perekaman KTP-el, kartu tersebut baru bisa dicetak setelah mereka berusia 17 tahun. Saat ini, sekitar 795 orang pemilih pemula sudah terdaftar dalam Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4), dan angka ini terus bergerak.

"KTP-el bisa dicetak setelah berusia 17 tahun. Saat ini, ada sekitar 795 orang dalam DP4. Data ini terus bergerak," sebut Irma.

Disdukcapil Pekanbaru berharap dengan upaya intensif ini, seluruh pemilih pemula dapat memiliki KTP-el sebelum Pilkada berlangsung, sehingga mereka dapat menggunakan hak pilihnya dengan lancar.

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini