Bersihkan Sungai Citarum, 400 Personel Gabungan dan Alat Berat Diturunkan

- 16 Juni 2024, 10:00 WIB
Jembatan Babakan Sapan penghubung Kecamatan Batujajar dan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat
Jembatan Babakan Sapan penghubung Kecamatan Batujajar dan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat /infopublik.id/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Upaya masif dilakukan untuk membersihkan Sungai Citarum dari sampah yang menumpuk. Pada Jumat (14/6/2024), sebanyak 400 personel dari berbagai institusi, termasuk Pemda Provinsi Jabar, TNI, Polri, BBWS, dan masyarakat, bahu membahu dalam proses pembersihan dan pengangkatan sampah di bawah Jembatan Babakan Sapan, penghubung Kecamatan Batujajar dan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat.

Operasi pembersihan kali ini diperkuat dengan penggunaan alat berat, seperti excavator long arm, excavator amphibi, dan excavator standart. Alat berat ini dikerahkan dari berbagai pihak, seperti Dansektor 9, Dansektor 8, dan IP Saguling POMU.

"Alat berat dimanfaatkan sesuai kebutuhan, mulai dari pengerukan sedimen, pengangkatan sampah ke darat, sampai membuat lubang dan menutup sampah," jelas salah satu petugas di lokasi.

Selain alat berat, tiga unit katamaran, lima unit LCR, lima unit dum truck, dan tali atau sling juga dilibatkan dalam operasi pembersihan ini. Pemasangan tali atau sling dilakukan untuk membatasi pergerakan sampah dan memudahkan proses pengangkatan.

Kerja Sama Berbagai Pihak

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jabar Ika Mardiah mengapresiasi kerja sama berbagai pihak dalam upaya pembersihan Sungai Citarum ini.

"Ini menunjukkan komitmen bersama untuk menjaga kelestarian Sungai Citarum," ungkap Ika.

Baca Juga: Mahasiswa Tewas di Tangan Jambret Sadis, Dua Pelaku Merupakan Residivis

Ika juga kembali mengingatkan masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga kebersihan Sungai Citarum. Masyarakat dapat melaporkan kondisi Sungai Citarum, terutama terkait penumpukan sampah, melalui aplikasi Sapawarga.

Halaman:

Editor: Husni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah