Tanggap Bencana: Bhabinkamtibmas BRIPKA Wahyudin Lubis Beraksi di Banjir Air Besar

- 24 Mei 2024, 18:00 WIB
Bhabinkamtibmas Polsek Air Besar Berjibaku Evakuasi Warga Korban Banjir Bandang
Bhabinkamtibmas Polsek Air Besar Berjibaku Evakuasi Warga Korban Banjir Bandang /Dok Humas Polri/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Kecamatan Air Besar, Rabu (22/5/24) dilanda banjir bandang yang disebabkan oleh intensitas curah hujan yang tinggi selama enam jam berturut-turut. Akibatnya, ratusan rumah di Desa Serimbu, Desa Sepangah, dan Desa Semuntik terendam banjir.

Masyarakat setempat berbondong-bondong berusaha mengevakuasi sesama warga yang terdampak banjir. Tidak ketinggalan, Bhabinkamtibmas Polsek Air Besar, BRIPKA Wahyudin Lubis, turut serta dalam upaya evakuasi dan bantuan kepada warga yang terdampak banjir.

Kapolres Landak, AKBP I Nyoman Budiartawan, S.H., S.I.K., M.M., melalui Kapolsek Air Besar, IPDA Donny Pati Pratama Yolanda, membenarkan bahwa petugas langsung bergerak ke lokasi bencana untuk membantu evakuasi warga. Menurutnya, banjir kali ini merupakan yang terparah karena melanda ratusan rumah di daerah dataran rendah.

Menurut penjelasan IPDA Donny, luapan air sungai mulai terjadi sekitar pukul 04.30 WIB, merendam rumah-rumah di pinggiran sungai dan dataran rendah. Banjir ini tergolong sebagai yang terparah karena merendam rumah-rumah di daerah dataran tinggi.

Baca Juga: Kepala Dinas Kominfo Batam: PASTTEBA Harus Ambil Bagian dalam Pembangunan Kota

BRIPKA Wahyudin Lubis, Bhabinkamtibmas Desa Serimbu, menjelaskan bahwa intensitas hujan tinggi dimulai pada Selasa (21/5) pukul 22.00 WIB dan baru reda pada Rabu (22/5) sekitar pukul 03.00 WIB. Kemudian, luapan air sungai merendam kembali rumah warga, termasuk yang berada di daerah dataran tinggi.

Selain membantu dalam evakuasi, BRIPKA Wahyudin juga memberikan imbauan kepada warga agar tetap waspada dan menjaga keselamatan diri serta barang bawaan mereka. Ini mengingat potensi adanya banjir susulan jika curah hujan kembali meningkat.

Banjir bandang ini menjadi peringatan bagi masyarakat setempat untuk selalu waspada terhadap ancaman bencana alam dan bersiap menghadapinya dengan gotong royong serta bantuan dari pihak kepolisian.

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini