IGTKI LINGGA Berharap SD Terapkan Pelajaran TK di Minggu Pertama

- 22 Mei 2024, 19:22 WIB
Keluat Ikatan Guru TK Indonesia (IGTKI) Lingga, Nurul Aulia
Keluat Ikatan Guru TK Indonesia (IGTKI) Lingga, Nurul Aulia /

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Ikatan Guru TK Indonesia (IGTKI) menyuarakan harapan agar sekolah dasar (SD) menerapkan sistem pembelajaran taman kanak-kanak (TK) pada minggu pertama belajar para siswa kelas satu. Permintaan ini disampaikan menjelang penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025 yang akan dimulai pada bulan Juni mendatang.

Sebagai bagian dari upaya untuk memastikan transisi yang lancar bagi siswa TK ke SD, IGTKI menekankan pentingnya adaptasi yang halus untuk anak-anak usia dini. Nurul Aulia, Ketua IGTKI Lingga, menyatakan bahwa perbedaan pola pembelajaran yang signifikan antara TK dan SD seringkali menjadi tantangan besar bagi siswa baru.

"Sangat diharapkan bahwa pendidikan yang diberikan di TK akan memberikan manfaat bagi siswa di yang akan memasuki SD. SD juga bisa menerapkan program transisi pendidikan di minggu pertama, mirip dengan di TK, untuk menghindari keterkejutan dengan pelajaran baru," kata Nurul Aulia, Rabu (22/5/2024).

Di TK, anak-anak usia empat hingga lima tahun dididik untuk mempersiapkan mental mereka sebelum masuk ke SD. Mereka tidak dipaksa untuk bisa membaca dan menghitung, melainkan lebih fokus pada pengembangan keterampilan sosial, emosional, dan motorik.

“Sistem pendidikan di TK menekankan pada pengenalan lingkungan sekolah, bermain sambil belajar, serta penguatan karakter dan kemandirian,” ujar Nurul Aulia.

Baca Juga: Banjir di Kelurahan Dabo Lama, Kadinkes Lingga Terjunkan Bantuan Medis dan Sembako

Dengan mendekatnya penerimaan peserta didik baru pada bulan Juni 2024, Nurul berharap agar SD dapat mengimplementasikan pendekatan yang mirip dengan TK selama minggu pertama pembelajaran.

“Hal ini penting untuk membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan baru mereka, sehingga mereka tidak terkejut dengan pelajaran baru yang lebih formal dan akademis,” jelas Nurul.

Ditambahkan Nurul, untuk orang tua yang memiliki anak usia 4-6 tahun, disarankan untuk mendaftarkan anak mereka di TK untuk mendapatkan pendidikan yang bermanfaat sebelum memasuki jenjang Sekolah Dasar. Sekolah TK negeri masih menyelenggarakan pendidikan gratis.

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini