Presiden Jokowi Resmikan Penyelesaian 22 Ruas Jalan di Sulawesi Tenggara

- 13 Mei 2024, 22:37 WIB
Presiden Jokowi Resmikan Penyelesaian 22 Ruas Jalan di Sulawesi Tenggara
Presiden Jokowi Resmikan Penyelesaian 22 Ruas Jalan di Sulawesi Tenggara /PUPR/Biro Komunikasi Publik

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan penyelesaian pembangunan 22 ruas jalan sepanjang 165 kilometer (km) yang ditangani dengan Inpres Jalan Daerah (IJD) di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

"Di Provinsi Sulawesi Tenggara, pada tahun 2023 lalu telah diperbaiki 22 ruas jalan dengan biaya Rp631 miliar dan sebanyak 2 ruas jalan ada di Kabupaten Muna Barat dengan biaya Rp42,4 miliar," kata Presiden Jokowi dalam sambutannya saat peresmian pembangunan ruas IJD di Kabupaten Muna Barat, Sultra pada Senin (13/5/2024).

Presiden menambahkan bahwa pelaksanaan IJD ini bertujuan agar jalan-jalan di tiap kabupaten/kota bisa mulus dan bagus sehingga meningkatkan kecepatan transportasi, distribusi logistik lebih baik, dan masyarakat mendapatkan manfaat dengan ruas-ruas jalan yang semakin baik.

Sejalan dengan pernyataan Presiden, Menteri PUPR Basuki mengungkap bahwa pelaksanaan IJD mengacu pada Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah.

Pada Tahun Anggaran (TA) 2023, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp14,6 triliun secara nasional untuk penanganan 2.873 km jalan daerah di seluruh tanah air.

Baca Juga: Disambut Antusias, Presiden Jokowi Tak Canggung Layani Warga Berswafoto di Pusat Perbelanjaan The Park

Basuki menyampaikan bahwa pembangunan ini dilakukan guna meningkatkan kemantapan jalan dan meningkatkan konektivitas antar daerah sehingga dapat memperlancar perekonomian setempat.

"Tujuan pelaksanaan IJD utamanya untuk peningkatan konektivitas serta meningkatkan kemantapan jalan daerah, guna memperlancar arus logistik, serta akses ke pusat-pusat produksi," ujar Menteri Basuki dalam siaran pers yang diterima InfoPublik pada Senin (13/5/2024).

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sultra Freddy Siagian menyebut pelaksanaan IJD di Provinsi Sulawesi Tenggara ini terdapat di 22 ruas jalan sepanjang 165 km dengan biaya sebesar Rp631 miliar yang tersebar di 15 Kabupaten/Kota.

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini