Vaksinasi Meningitis Wajib Bagi Calon Haji Kota Tanjungpinang, Sisa 2 Minggu Sebelum Keberangkatan!

- 19 April 2024, 11:42 WIB
Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang berikan suntik vaksin meningitis untuk para jamaah calon haji (JCH) asal Kota Tanjungpinang.
Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang berikan suntik vaksin meningitis untuk para jamaah calon haji (JCH) asal Kota Tanjungpinang. /Dok. Pemko Tanjungpinang/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang terus gencar memberikan suntik vaksin meningitis bagi para jamaah calon haji (JCH) asal Kota Tanjungpinang. Pada hari kedua pelaksanaan vaksinasi meningitis, 98 JCH dijadwalkan untuk mendapatkan vaksin di Puskesmas Tanjungpinang Barat.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam, sertifikat vaksinasi meningitis merupakan salah satu persyaratan wajib bagi JCH untuk dapat diberangkatkan ke tanah suci.

"Pada pelaksanaan vaksinasi hari pertama, Kamis (18/4), sebanyak 83 JCH telah mengikuti vaksinasi, sementara 28 orang lainnya belum divaksin karena sedang berada di luar daerah," ujar Rustam.

Rustam mengimbau kepada JCH yang belum hadir di lokasi vaksinasi agar segera datang untuk mendapatkan vaksinasi tersebut. Batas terakhir jamaah calon haji harus mendapatkan vaksinasi meningitis adalah 2 minggu sebelum jadwal keberangkatan.

"Artinya bagi JCH asal Kota Tanjungpinang yang akan diberangkatkan pada 11 atau 12 Mei mendatang maka harus mendapatkan vaksinasi paling lambat pada Sabtu (27/4)," terangnya.

Baca Juga: Menelusuri Jejak Legenda: Mengungkap Misteri Perigi Hang Tuah di Desa Tinjul

Vaksinasi meningitis diwajibkan bagi semua jamaah calon haji untuk mencegah terjadinya resiko penularan penyakit meningitis atau radang selaput otak.

Tips untuk JCH Kota Tanjungpinang:

  • Segera datangi Puskesmas Tanjungpinang Barat untuk mendapatkan vaksinasi meningitis.
  • Bawa dokumen lengkap seperti KTP, KK, dan kartu JCH.
  • Datanglah pada jam yang telah ditentukan untuk menghindari antrian panjang.
  • Jika memiliki kondisi kesehatan tertentu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum divaksin.

Vaksinasi meningitis adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan selama di tanah suci. Pastikan Anda telah mendapatkan vaksinasi meningitis sebelum berangkat haji.

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini