Pencanangan Pelayanan Publik Berbasis HAM Kanwil Kemenkumham Kepri Langkah Maju Menuju Pelayanan Berkualitas

- 20 Maret 2024, 23:20 WIB
Pencanangan Pelayanan Publik Berbasis HAM Tahun 2024 Kanwil Kemenkumham Kepri
Pencanangan Pelayanan Publik Berbasis HAM Tahun 2024 Kanwil Kemenkumham Kepri /Dok. Kanwil Kemenkumham Kepri

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Dalam suasana yang penuh semangat, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kepri, I Nyoman Gede Surya Mataram, menyambut para peserta acara Pencanangan Pelayanan Publik Berbasis HAM. Acara ini diadakan di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, Rabu (20/3/2024).

Kegiatan ini juga diikuti secara daring, diharapkan dapat memberikan energi positif bagi semua pihak, terutama dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kepri, I Nyoman Gede Surya Mataram mengatakan, pemerintah Indonesia, terus berkomitmen pada peningkatan kualitas pelayanan publik, melalui Menteri Hukum dan HAM mengeluarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 25 Tahun 2023. Regulasi ini dirancang untuk mengakomodir kebutuhan dan aspirasi masyarakat akan pelayanan publik yang menghormati hak asasi manusia, terutama di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Hukum dan HAM.

Tujuan Pelayanan Publik Berbasis HAM

Pelayanan Publik Berbasis HAM memiliki tujuan mulia untuk:

  1. Mewujudkan pelayanan Unit Kerja yang berpedoman pada prinsip-prinsip HAM.
  2. Menyediakan pelayanan publik yang tidak diskriminatif, cepat, tepat, dan berkualitas.
  3. Meningkatkan kepastian dan kepuasan penerima layanan serta memperkuat akuntabilitas kinerja atas layanan publik yang diberikan.

Inovasi dan Pembaharuan dalam Pelayanan Publik

Lebih jauh di ungkapkan Surya Mataram, Permenkumham Nomor 25 Tahun 2023 membawa beberapa pembaharuan penting, termasuk perubahan indikator yang menuntut UPT untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik berbasis HAM. Melalui kegiatan pencanangan dan diseminasi ini, informasi penting tentang komponen penilaian dan faktor pendukung untuk meraih penghargaan P2HAM akan disampaikan, serta pendeklarasian P2HAM di UPT Kemenkumham Kepulauan Riau.

Baca Juga: Delapan Kesepakatan Penting Terjalin dalam Pertemuan Imigrasi Indonesia-Kamboja

"Untuk itu, melalui kegiatan pencanganan dan diseminasi ini akan disampaikan informasi dan komponen penilaian serta faktor pendukung untuk dapat meraih penghargaan P2HAM dan juga pendeklarasian P2HAM di UPT Kemenkumham Kepulauan Riau," kata Surya Mataram.

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x