Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Gubernur Kepri Ansar Ahmad Safari Ramadan di Masjid Besar Al Uswah

- 15 Maret 2024, 16:15 WIB
Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma'ruf Amin didampingi Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad melakukan Sholat Tarawih bersama di Masjid Besar Al Uswah
Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma'ruf Amin didampingi Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad melakukan Sholat Tarawih bersama di Masjid Besar Al Uswah /Dok. Pemprov Kepri

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Pada malam ke-4 Ramadan 1445 H, Kamis (14/03/2024), Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma'ruf Amin dan Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad bersama-sama melaksanakan safari Ramadan di Masjid Besar Al Uswah, Tanjungpinang.

Dalam kesempatan tersebut, Wapres Ma'ruf Amin didampingi oleh Ibu Hj. Wury Estu Handayani Ma'ruf Amin, menjalankan ibadah Salat Isya dan Tarawih bersama ribuan jamaah Masjid Besar Al Uswah.

Acara ini juga turut diimami oleh Pembina Darul Quran Bintan, Ust. Muhammad Salim, serta Ust. Abdurrahman Alhafiz sebagai Bilal. Selain menjalankan ibadah, Wapres Ma'ruf Amin memberikan tausiah Ramadan yang sarat dengan pesan dan ilmu mengenai hikmah serta manfaat syariat.

Dalam tausiahnya, Wapres Ma'ruf Amin mengungkapkan rasa syukurnya dapat beribadah bersama jamaah di Masjid Besar Al Uswah sebagai bagian dari kunjungan kerjanya ke Kepri. Ia menegaskan bahwa dalam setiap syariat Islam terdapat hikmah, maslahat, dan manfaat yang penting untuk dipahami.

Selanjutnya, dalam khutbahnya, Wapres Ma'ruf Amin menyampaikan pentingnya mengendalikan nafsu, sesuai dengan ajaran dalam ibadah puasa. Beliau menekankan bahwa nafsu adalah musuh terbesar yang harus diperangi, dan mengajak umat Islam untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Baca Juga: Bhabinkamtibmas Desa Resang: Layanan Polisi 110 Gratis dan Mudah Diakses

Sementara itu Gubernur Ansar Ahmad mengungkapkan dorongan Pemprov Kepri terhadap peningkatan ibadah serta pembangunan rumah ibadah di wilayah tersebut. Ia juga menyoroti upaya Pemprov Kepri dalam menempatkan da'i di pulau-pulau terpencil untuk memperkuat semangat moderasi dan membangun optimisme masyarakat.

Masjid Besar Al Uswah, tempat berlangsungnya safari Ramadan ini, adalah sebuah masjid megah dengan luas 2.123 meter persegi dan mampu menampung hingga 1.800 jemaah. Bangunan masjid ini terbagi menjadi beberapa ruang yang mampu menampung ribuan jemaah sekaligus.

Turut hadir dalam acara tersebut Kasdam 1 Bukit Barisan, Ketua TP-PKK Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar, Forkopimda Kepri, Pj. Walikota Tanjungpinang Hasan, DKM, dan pengurus Masjid Besar Al-Uswah Tanjungpinang. Acara ini menjadi momentum berharga dalam mempererat tali silaturahmi dan semangat kebersamaan umat Muslim di bulan suci Ramadan.

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini