Dua Kapal TNI AL di Buat di Batam Untuk Amankan Laut Nias dan Banyuwangi

- 16 Februari 2024, 20:15 WIB
Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali kembali meresmikan dua kapal TNI Angkatan Laut (KAL) produksi dalam negeri di galangan kapal PT. Citra Shipyard, Kota Batam, Provinsi Kepri, Jumat (16/2/2024) siang.
Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali kembali meresmikan dua kapal TNI Angkatan Laut (KAL) produksi dalam negeri di galangan kapal PT. Citra Shipyard, Kota Batam, Provinsi Kepri, Jumat (16/2/2024) siang. /Akhlil/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Dua unit Kapal TNI Angkatan Laut (KAL) yang dibangun oleh PT. Citra Shipyard, yaitu KAL Sembulungan II-5-42 dan KAL Hinako I-2-19, siap bertugas untuk mengamankan laut Indonesia di wilayah Nias dan Banyuwangi.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali saat menerima kedua kapal tersebut di Batam, Jumat (16/2/2024).

“Kedua kapal ini akan segera dikirim ke sana, untuk menguatkan Lanal Nias di bawah Lantamal II Padang dan Lanal Banyuwangi di bawah Lantamal V Surabaya,” kata Ali.

Ali menjelaskan bahwa kapal-kapal buatan dalam negeri ini memiliki kelebihan, seperti kecepatan 28 knot dan persenjataan 1 unit meriam 20 mm dan 2 unit meriam 12,7 mm.

Baca Juga: Kasal Resmikan Dua Kapal Produksi di Batam untuk Perkuat Wilayah Perairan Indonesia

Diungkapkan Ali, biaya pembangunan KAL Sembulungan dan KAL Hinako sebesar Rp105 miliar. Menurut Ali, kapal tersebut cocok untuk operasi di perairan sempit, dangkal, dan selat-selat. Bahkan bisa masuk ke sungai.

"Kapal ini sangat efektif untuk operasi keamanan laut dan penegakan hukum di laut, karena banyak penyelundupan yang terjadi di selat-selat sempit,” ucap dia.

Menurut Ali, penempatan KAL Sembulungan dan KAL Hinako di Nias dan Banyuwangi bertujuan untuk memperkuat keamanan laut dan mencegah pelanggaran ilegal di laut.

“Nias saat ini masih kurang unsur untuk patroli keamanan laut, sedangkan Banyuwangi juga berada di selat-selat Bali, itu ditempatkan di situ,” tutur dia.

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini