Kasal Resmikan Dua Kapal Produksi di Batam untuk Perkuat Wilayah Perairan Indonesia

- 16 Februari 2024, 16:00 WIB
Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali kembali meresmikan dua kapal TNI Angkatan Laut (KAL) produksi dalam negeri di galangan kapal PT. Citra Shipyard, Kota Batam, Provinsi Kepri, Jumat (16/2/2024) siang.
Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali kembali meresmikan dua kapal TNI Angkatan Laut (KAL) produksi dalam negeri di galangan kapal PT. Citra Shipyard, Kota Batam, Provinsi Kepri, Jumat (16/2/2024) siang. /Akhlil/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Dua kapal TNI Angkatan Laut (KAL) sepanjang 28 meter, KAL Sembulungan II-5-42 dan KAL Hinako 1-2-19, telah diresmikan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali pada Jumat (16/2/2024) siang.

Upacara peresmian dilakukan di galangan kapal PT. Citra Shipyard, Kota Batam, Provinsi Kepri. Kedua kapal tersebut merupakan hasil produksi dalam negeri yang bertujuan untuk memperkuat jajaran TNI AL di wilayah perairan Indonesia.

Nama Sembulungan dan Hinako diambil dari nama pantai di Banyuwangi dan pulau di Nias. Kapal-kapal ini akan ditempatkan di Lanal Banyuwangi dan Lanal Nias, yang berada di bawah Lantamal V Surabaya dan Lantamal II Padang.

“Dua unit KAL ini nantinya akan ditempatkan guna memperkuat satuan Lanal Banyuwangi dan Lanal Nias, Lantamal II Padang,” ungkap Kasal Muhammad Ali.

Kasal Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali mengatakan, pembangunan kapal ini memakan waktu 16 bulan, sejak September 2022 hingga Februari 2024.

Baca Juga: Jadwal dan Harga Tiket Kapal PELNI KM Leuser Bulan Februari 2024

Proses pembangunan meliputi first steel cutting, keel laying, shipnaming, dan launching. Kapal ini memiliki spesifikasi teknis yang canggih, seperti kecepatan maksimum 28 knots, endurance 3-4 hari, kapasitas 15 personel, dan persenjataan 1 unit meriam 20 mm dan 2 unit meriam 12,7 mm.

"Awal dimulainya tahapan pembangunan pada tanggal 29 November 2022, disusul dengan pelaksanaan Shipnaming dan Launching pada 4 Desember 2023 di Galangan PT. Citra Shipyard,” ujarnya.

Kasal juga menegaskan, pengadaan kapal ini merupakan bentuk komitmen TNI AL untuk meningkatkan penggunaan produk dalam negeri dan mengurangi produk impor.

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini