Aksi Polwan Polres Lumajang Sigap Bantu Calon Jamaah Haji Lansia

- 26 Mei 2024, 06:05 WIB
Aksi Polwan Polres Lumajang Sigap Bantu Calon Jamaah Haji Lansia
Aksi Polwan Polres Lumajang Sigap Bantu Calon Jamaah Haji Lansia /Dok. Humas Polri/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Polisi Wanita (Polwan) Polres Lumajang Polda Jatim menunjukkan kepedulian mereka dalam penyelenggaraan ibadah haji 2024 dengan membantu kelancaran keberangkatan calon jamaah haji dari Lumajang menuju asrama haji Sukolilo, Surabaya. Selain tugas pengamanan, para Polwan juga aktif membantu mengurus barang bawaan para calon jamaah haji, terutama mereka yang lanjut usia (lansia).

Salah satu momen yang menunjukkan kepedulian dan kehangatan para Polwan adalah saat membantu seorang calon jamaah haji lansia yang baru turun dari mobil menuju Pendopo Arya Wiraraja menggunakan kursi roda. Lansia tersebut diketahui bernama Ngatini Pangat Masmud, yang lahir pada 19 April 1935 dan saat ini berusia 89 tahun.

Iptu Irdani Isma, salah satu Polwan yang terlibat, memberikan ucapan hangat kepada Ngatini, "Sehat dan selamat ya mbah, semoga menjadi haji yang mabrur, selalu dalam lindungan dan karunia Allah SWT, Aamiin," ujar Iptu Irdani menjelang keberangkatan bus jamaah haji.

Kapolres Lumajang AKBP Mohammad Zainur Rofik, melalui Kasubsi Si Humas Ipda Sugiarto, menegaskan bahwa kehadiran Polwan bukan hanya untuk pengamanan tetapi juga memberikan rasa aman dan nyaman bagi para calon jamaah haji.

“Kami hadir untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para calon jamaah haji terutama bagi mereka yang membutuhkan pertolongan khusus seperti jamaah lanjut usia (lansia) dengan keterbatasan fisik,” ucap Ipda Sugiarto pada Jumat (24/5).

Baca Juga: Polisi Tangkap Pelaku Kekerasan Viral di Sidoarjo, Kronologi Kekerasan di Lapangan Rusunawa

Ipda Sugiarto juga menyampaikan harapannya agar para jamaah haji diberikan kelancaran, keselamatan, dan kesehatan selama perjalanan ke tanah suci hingga kembali ke Lumajang. Ia mengucapkan "Selamat menunaikan ibadah haji, semoga diberikan kelancaran, menjadi haji yang mabrur, serta diberikan kemudahan, keselamatan, dan kesehatan dalam perjalanan ke tanah suci dan kembali ke Lumajang."

Pada tahun ini, sebanyak 923 jamaah haji asal Kabupaten Lumajang yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 47, 48, dan 51 diberangkatkan menuju asrama haji di Surabaya, sebelum akhirnya diterbangkan menuju tanah suci. Pemberangkatan perdana kloter 47 dan 48 dilakukan sekitar pukul 04.30 WIB dengan jumlah 732 jamaah haji. Sedangkan kloter 51 dijadwalkan berangkat pada pukul 16.30 WIB.

Aksi Polwan Polres Lumajang ini mendapat apresiasi dari masyarakat, terutama para calon jamaah haji yang merasa sangat terbantu dan terharu dengan kehangatan serta kepedulian yang ditunjukkan. Kehadiran Polwan yang sigap dan penuh perhatian ini tidak hanya memperlancar proses keberangkatan, tetapi juga memberikan kenyamanan emosional bagi para jamaah, khususnya mereka yang lansia.

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah