Nostalgia Masa Lalu: Daihatsu Zebra dan Espass, Legenda Otomotif Indonesia, Yuk Intip Perjalanannya

- 26 Mei 2024, 17:00 WIB
Menelusuri Perbedaan Daihatsu Zebra dan Espass: Legenda Otomotif dengan Nuansa Berbeda
Menelusuri Perbedaan Daihatsu Zebra dan Espass: Legenda Otomotif dengan Nuansa Berbeda /

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Bagi banyak orang yang tumbuh di era 1980-an hingga 2000-an di Indonesia, Daihatsu Zebra dan Espass tak ubahnya legenda otomotif yang menemani perjalanan hidup. Kedua kendaraan ini tak hanya dikenal karena keandalan dan multifungsionalitasnya, tetapi juga menjadi saksi bisu perkembangan industri otomotif di tanah air.

Daihatsu Zebra: Sang Legenda Tangguh dan Hemat

Perjalanan Daihatsu Zebra dimulai pada Agustus 1986, hadir sebagai versi yang diperbesar dari Daihatsu Hijet generasi ketujuh. Awalnya, Zebra dibekali mesin 1.0 liter 3-silinder CB. Di tahun 1989, Zebra mendapatkan pembaruan dengan mesin 1.3 liter 16-valve HC-C1 yang lebih bertenaga.

Generasi kedua Zebra diperkenalkan pada April 1995 dengan pilihan mesin yang lebih beragam, termasuk 1.3L HC-C I4 dan 1.6L HD-C I4. Model ini terus diproduksi hingga Oktober 2007, menjadikannya salah satu model Daihatsu yang paling lama diproduksi di Indonesia.

Zebra terkenal dengan ketangguhannya dan kemampuannya untuk melaju di berbagai kondisi jalan. Mesinnya yang hemat bahan bakar dan desainnya yang fungsional menjadikannya pilihan favorit bagi masyarakat yang membutuhkan kendaraan handal untuk keperluan pribadi maupun komersial.

Daihatsu Espass: Kenyamanan dan Kepraktisan dalam Satu Kemasan

Dirilis pada April 1995 sebagai penerus Daihatsu Hijet, Espass hadir dengan menawarkan kenyamanan dan kepraktisan bagi penggunanya. Awalnya, Espass menggunakan mesin karburator dengan pilihan mesin 1300 cc dan 1600 cc.

Seiring waktu, Espass mengalami beberapa pembaruan, termasuk perubahan desain pintu belakang dan lampu belakang pada versi 2003-2004. Versi terakhir yang diproduksi antara tahun 2004-2007 menampilkan desain baru dengan konfigurasi 9 penumpang untuk varian tertentu.

Espass menjadi pilihan populer bagi keluarga yang membutuhkan kendaraan yang dapat menampung banyak penumpang dan barang bawaan. Kabinnya yang luas dan nyaman, serta fitur-fitur yang fungsional menjadikannya pilihan ideal untuk perjalanan keluarga.

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini