Sejarah Pertemuan Timnas Indonesia vs Filipina: Kemenangan Telak Hingga Persaingan Sengit

- 11 Juni 2024, 19:30 WIB
Timnas Indonesia vs Filipina
Timnas Indonesia vs Filipina /BERITA DIY/IRSA ARDIA

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Di kancah sepak bola Asia Tenggara, perseteruan antara Tim Nasional Indonesia dan Filipina selalu menjadi sorotan. Pertemuan kedua tim telah terukir dalam sejarah panjang, diwarnai dengan momen-momen tak terlupakan dan rivalitas yang kian memanas. Mari kita telusuri jejak rivalitas Tim Garuda dan The Azkals ini.

Dominasi Timnas Indonesia di Era Awal

Sejak pertemuan perdana mereka di tahun 1958, Timnas Indonesia dan Filipina telah beradu sebanyak 28 kali. Statistik menunjukkan dominasi Tim Garuda yang begitu gemilang. Dari 28 pertandingan, Indonesia berhasil mengukir 23 kemenangan, 4 hasil imbang, dan hanya 1 kali mengalami kekalahan. Kemenangan terbesar Indonesia atas Filipina terjadi di tahun 1961 dengan skor telak 12-0, menjadi bukti kekuatan Timnas Indonesia di era awal pertemuan mereka.

Era Modern dan Persaingan yang Semakin Ketat

Memasuki era modern, peta kekuatan di antara kedua tim mulai menunjukkan perubahan. Filipina, yang dijuluki The Azkals, menunjukkan perkembangan pesat dalam sepak bola, termasuk melalui program naturalisasi pemain. Hal ini membuat persaingan antara Indonesia dan Filipina semakin ketat.

Dalam lima pertemuan terakhir, Timnas Indonesia hanya mampu meraih satu kemenangan. Hasil imbang 1-1 di pertemuan terakhir pada Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia 2026 menunjukkan bahwa Filipina tak lagi bisa dipandang sebelah mata.

Baca Juga: MotoGP Italia 2024: Bagnaia Raih Kemenangan, Ducati Kuasai Podium

Pertandingan Penentu Menuju Piala Dunia 2026

Pertandingan selanjutnya antara Timnas Indonesia dan Filipina diprediksi akan menjadi duel yang sengit dan penuh gengsi. Timnas Indonesia, yang saat ini berada di posisi kedua klasemen dengan 7 poin, membutuhkan kemenangan untuk memastikan tiket otomatis ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala Asia 2027.

Halaman:

Editor: Zacky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini