Menjelajahi Pesona Desa Wisata Baros: Keindahan Alam, Budaya, dan Ekonomi Kreatif di Bandung Selatan

- 11 Juni 2024, 22:00 WIB
Menjelajahi Pesona Desa Wisata Baros: Keindahan Alam, Budaya, dan Ekonomi Kreatif di Bandung Selatan
Menjelajahi Pesona Desa Wisata Baros: Keindahan Alam, Budaya, dan Ekonomi Kreatif di Bandung Selatan /

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Terletak di Bandung Selatan, Jawa Barat, Desa Wisata Baros bagaikan permata tersembunyi yang menawarkan perpaduan sempurna antara keindahan alam, seni budaya, dan ekonomi kreatif. Desa ini terkenal dengan hutan pinus Megatutupan yang menawan, kolam renang Yasmin yang menyegarkan, dan sungai Citalutug yang mengalir jernih, menghadirkan panorama alam yang memanjakan mata.

Lebih dari sekadar pemandangan indah, Desa Wisata Baros mengajak para pengunjung untuk merasakan pengalaman autentik kehidupan pedesaan Sunda. Homestay tradisional Sunda yang nyaman, kolam renang untuk bersantai, saung keluarga untuk berkumpul, area camping untuk para pecinta alam, dan berbagai wahana permainan siap menyambut para wisatawan.

Di sini, Anda dapat membenamkan diri dalam budaya Sunda yang kaya. Berbaurlah dengan masyarakat setempat yang ramah dan pelajari tradisi serta kearifan lokal mereka. Rasakan kehangatan budaya Sunda yang masih terjaga, di mana nilai-nilai gotong royong dan kekeluargaan masih dijunjung tinggi.

Bagi yang ingin merasakan pengalaman yang lebih mendalam, Desa Wisata Baros menawarkan paket wisata menarik. Anda dapat mencoba membajak sawah, menanam padi, atau berkreasi dengan kerajinan tangan lokal. Rasakan sensasi hidup sebagai petani Sunda dan ciptakan karya seni tradisional yang unik.

Baca Juga: Menelusuri Jejak Profesor Reinwardt: Di Balik Keindahan Kebun Raya Bogor

Tak hanya itu, Desa Wisata Baros juga memanjakan lidah para pengunjung dengan berbagai kuliner khas Sunda yang lezat. Warung tradisional yang bertebaran di desa ini menyajikan hidangan tradisional seperti nasi liwet, karedok, dan ayam goreng yang menggoda selera.

Usaha dan dedikasi masyarakat Desa Wisata Baros dalam mengembangkan potensi desanya telah diakui. Desa ini telah masuk dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 oleh Kemenparekraf, sebuah penghargaan bergengsi bagi desa-desa wisata dengan prestasi tinggi.

Inisiatif pemuda dan lingkungan setempat menjadi kunci utama dalam pengembangan Desa Wisata Baros. Dengan semangat dan kegigihan mereka, potensi alam dan budaya tradisional desa dioptimalkan, menjadikannya destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Bagi Anda yang mencari destinasi wisata yang memadukan keindahan alam, kekayaan budaya, dan ekonomi kreatif, Desa Wisata Baros adalah pilihan yang tepat. Di sini, Anda akan menemukan pengalaman autentik kehidupan pedesaan Sunda yang tak terlupakan.

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini