Jelajahi Waduk Jatigede, Nikmati Pemandangan Alam dan Beragam Aktivitas Menyenangkan

- 11 Juni 2024, 21:30 WIB
Menjelajahi Keindahan Waduk Jatigede: Surga Tersembunyi di Jawa Barat
Menjelajahi Keindahan Waduk Jatigede: Surga Tersembunyi di Jawa Barat /

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Di balik perbukitan hijau Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, terbentang sebuah danau buatan raksasa yang memancarkan pesona luar biasa: Waduk Jatigede. Waduk ini bukan sekadar hamparan air biasa, melainkan sebuah mahakarya alam dan manusia yang memadukan manfaat ekonomi, ekologi, dan wisata.

Dengan luas mencapai 4.983 hektar, Waduk Jatigede dinobatkan sebagai salah satu danau buatan terbesar di Indonesia. Fungsinya pun begitu beragam, mulai dari menjadi tempat menampung cadangan air, pengendali banjir, dan irigasi bagi sawah di berbagai wilayah, hingga menghasilkan energi bersih melalui Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Sejarah Waduk Jatigede menyimpan cerita panjang. Dimulai sejak era Hindia Belanda, rencana pembangunan waduk ini digagas untuk mengatasi krisis air dan banjir. Namun, rencana tersebut sempat tertunda karena penolakan dari masyarakat Sumedang.

Setelah puluhan tahun, mimpi besar ini kembali berkobar. Pada tahun 1982, dimulailah relokasi 28 desa yang berada di area genangan, membuka jalan bagi pembangunan waduk yang megah ini. Desain waduk rampung di tahun 1988, dan konstruksinya dimulai pada tahun 2007. Delapan tahun kemudian, tepatnya di tahun 2015, Waduk Jatigede diresmikan dan mulai beroperasi penuh dua tahun setelahnya.

Baca Juga: Surga Bunga Anggrek di Orchid Forest Cikole: Destinasi Wisata Paling Instagramable di Bandung Barat

Dibangun dengan biaya fantastis mencapai Rp 6,5 triliun, Waduk Jatigede tak hanya membawa manfaat bagi Sumedang, tapi juga bagi wilayah sekitarnya. Air dari waduk ini mengalirkan kehidupan ke sawah-sawah di Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Cirebon, dan bahkan hingga Kabupaten Indramayu.

Bagi para pecinta wisata, Waduk Jatigede bagaikan surga tersembunyi. Pemandangan alamnya begitu memukau, dengan puncak-puncak bukit hijau yang mengelilingi hamparan air biru jernih. Langit cerah bagaikan cermin yang memantulkan keindahan alam, menciptakan panorama yang memanjakan mata.

Tak hanya memanjakan mata, Waduk Jatigede juga menawarkan berbagai aktivitas seru. Pengunjung dapat memancing ikan, menjelajahi waduk dengan perahu, atau bersantai di tepi danau sambil menikmati panorama alam yang menenangkan.

Fasilitas yang disediakan pun terbilang lengkap. Pengunjung dapat menemukan tempat ibadah, gazebo, rumah makan, dan berbagai spot foto instagramable. Kehadiran Monumen Kujang Sapasang yang menjulang megah di sisi waduk semakin menambah daya tarik wisata Waduk Jatigede, menjadikannya ikon kebanggaan Jawa Barat.

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini