Memahami Jejak Sejarah Jamu: Warisan Budaya Indonesia yang Berharga

- 27 Mei 2024, 08:30 WIB
Serat Primbon Jampi Jawi: Ensiklopedia Herbal Abad ke-18
Serat Primbon Jampi Jawi: Ensiklopedia Herbal Abad ke-18 /

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Jamu, minuman tradisional yang sarat akan khasiat, telah menjadi bagian tak terpisahkan dari warisan budaya Indonesia. Di balik setiap tegukan jamu terdapat jejak sejarah yang kaya, menandai perjalanan panjang manusia dalam memanfaatkan kekayaan alam sebagai obat. Mari kita menjelajahi asal-usul dan perkembangan jamu di Indonesia.

Jejak Sejarah Jamu: Dari Prasejarah hingga Naskah Kuno

Sejarah jamu dapat ditelusuri hingga masa prasejarah, ketika manusia purba telah memanfaatkan tumbuhan sebagai obat. Bukti-bukti arkeologis seperti alat batu pipisan untuk menghaluskan biji-bijian dan tanaman yang tersimpan di Museum Nasional Jakarta menjadi saksi bisu akan praktek ini. Pada abad ke-17, pemanfaatan tanaman sebagai obat semakin berkembang dan menjadi bagian penting dari tradisi turun-temurun.

Serat Primbon Jampi Jawi: Ensiklopedia Herbal Abad ke-18

Pada abad ke-18, Serat Primbon Jampi Jawi menjadi salah satu karya penting yang mencatat berbagai jenis herbal berkhasiat. Dalam serat tersebut tercatat beragam rempah-rempah seperti jahe, kencur, kunyit, dan temulawak, yang menjadi bahan utama dalam pembuatan jamu. Artefak seperti Cobek dan Ulekan (alat tumbuk untuk membuat jamu) juga ditemukan di situs arkeologi Liyangan, Jawa Tengah, memberikan bukti konkret akan eksistensi jamu dalam budaya Indonesia.

Peran Perempuan dan Pria dalam Tradisi Jamu

Selama berabad-abad, tradisi pembuatan jamu di Indonesia melibatkan peran penting baik dari perempuan maupun pria. Sejak zaman Kerajaan Mataram, perempuan memegang peranan dalam memproduksi jamu, sementara pria bertugas mencari dan mengumpulkan tumbuhan herbal alami. Bahkan, para biarawan dan rahib perempuan turut memanfaatkan tanaman-tanaman seperti ganthi, kencur, kunyit, dan bunga kenanga untuk dijadikan obat.

Baca Juga: Menjelajahi Manfaat Menakjubkan Buah Semangka: Hidrasi, Antioksidan, dan Kecantikan Alami

Pasang Surut Tradisi Minum Jamu

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini