Pecinta Kuliner Wajib Datang! Ini Dia Hidangan Khas Balikpapan yang Tak Boleh Dilewatkan

- 21 Mei 2024, 16:40 WIB
Jelajahi Cita Rasa Khas Balikpapan: Perjalanan Rasa yang Tak Terlupakan
Jelajahi Cita Rasa Khas Balikpapan: Perjalanan Rasa yang Tak Terlupakan /

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Balikpapan, kota yang menawan di Kalimantan Timur, tak hanya memanjakan mata dengan panorama alamnya yang memesona dan gemerlapnya industri minyak. Di balik hiruk pikuknya, Balikpapan menyimpan harta karun istimewa yang menggoda selera para penjelajah rasa: kuliner khasnya yang kaya dan penuh cita rasa.

Jelajahi Surga Rasa yang Beragam

Perjalanan kuliner di Balikpapan bagaikan petualangan seru yang penuh kejutan. Dimulai dengan Salome, bakso khas Balikpapan yang terbuat dari tepung kanji dan daging, disiram dengan saus kacang, tomat, dan kecap. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang kenyal akan memanjakan lidah Anda.

Selanjutnya, temukan kelembutan Mantau, roti tradisional tanpa isi yang biasanya dinikmati dengan saus balado atau lada hitam. Perpaduan rasa gurih dan pedas ini akan membangkitkan selera Anda.

Bagi pecinta seafood, Olahan Kepiting di Balikpapan adalah surga. Kepiting soka dan kepiting kenari menjadi primadona, diolah dengan berbagai cara seperti kepiting lada hitam, saus padang, dan saus tiram. Daging kepiting yang manis dan juicy dijamin akan membuat Anda ketagihan.

Pisang Gapit, camilan sederhana nan lezat, siap memanjakan Anda dengan perpaduan pisang panggang, keju, dan susu kental manis. Rasa manis gurihnya akan membuat Anda ingin terus mencicipinya.

Baca Juga: Bakmi Joglo Mbah Marni: Surga Kuliner Mi Rekomendasi di Jogja

Bagi pecinta sensasi rasa laut, Sate Cumi Bakar adalah pilihan yang tepat. Bumbunya yang meresap sempurna pada daging cumi yang empuk akan memberikan pengalaman rasa yang tak terlupakan.

Amplang, kerupuk ikan tenggiri yang renyah dan gurih, tak hanya lezat dinikmati langsung, tetapi juga cocok dijadikan oleh-oleh khas Balikpapan.

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah