Candi Jiwa: Menjelajahi Jejak Kuno di Tanah Sunda Masa Lalu Kerajaan Hindu-Budha di Jawa Barat

- 18 Mei 2024, 20:10 WIB
Candi Jiwa: Jendela Menuju Masa Lalu Kerajaan Hindu-Budha di Jawa Barat
Candi Jiwa: Jendela Menuju Masa Lalu Kerajaan Hindu-Budha di Jawa Barat /

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Jawa Barat, tak hanya terkenal dengan pesona alamnya yang memesona, tetapi juga menyimpan kekayaan sejarah yang tak ternilai. Salah satu situs bersejarah yang menarik untuk dikunjungi adalah Candi Jiwa, sebuah peninggalan Kerajaan Hindu-Budha yang terletak di Kabupaten Karawang.

Candi ini bukan sembarang candi, karena dinobatkan sebagai candi tertua di Jawa Barat, membuka jendela bagi kita untuk mengintip masa lampau yang penuh misteri.

Menelusuri Jejak Wangsa Sanjaya

Candi Jiwa diperkirakan didirikan pada abad ke-8 Masehi, di era kejayaan Wangsa Sanjaya. Para arkeolog meyakini bahwa candi ini merupakan bagian dari kompleks Percandian Batujaya, sebuah situs purbakala yang luasnya mencapai 337 hektar.

Berbeda dengan candi-candi lain di Jawa Barat yang terbuat dari batu andesit, Candi Jiwa memiliki ciri khas dengan bangunan yang terbuat dari batu bata merah, menambah keunikan dan daya tariknya.

Baca Juga: Menelusuri Jejak Sir Thomas Stamford Raffles: Temukan Candi Borobudur dan Pengaruhnya di Indonesia

Mitos dan Kepercayaan Lokal yang Menyelimuti Candi Jiwa

Masyarakat di sekitar Candi Jiwa memiliki cerita rakyat yang menambah aura mistis dan menarik tentang tempat ini. Dahulu, mereka meyakini bahwa area candi ini keramat dan hewan ternak yang melewati lokasi candi akan mati.

Kepercayaan ini semakin memperkuat daya tarik Candi Jiwa, mengundang para penjelajah sejarah dan pecinta budaya untuk menguak misterinya.

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini