Bingka Bakar: Sensasi Manis Legit Khas Pulau Batam yang Menggoda Selera

- 11 Mei 2024, 12:30 WIB
Bingka Bakar: Manis Legitnya Menggoda Selera, Kekayaan Budaya yang Menggugah Jiwa
Bingka Bakar: Manis Legitnya Menggoda Selera, Kekayaan Budaya yang Menggugah Jiwa /

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Sobat Pesona, pernahkah Anda menginjakkan kaki di Pulau Batam? Pulau yang terkenal dengan keindahan pantainya ini juga menyimpan kekayaan kuliner yang tak kalah menggoda. Salah satu yang wajib Anda cicipi adalah Bingka Bakar, kue khas Melayu-Riau yang memiliki cita rasa manis legit dan tekstur yang unik.

Bingka, atau yang juga dikenal dengan bika, merupakan kue tradisional yang sudah populer di berbagai daerah di Sumatra, termasuk Riau dan Kepulauan Riau. Di Batam, bingka ini memiliki ciri khas tersendiri, yaitu cara memasaknya. Berbeda dengan bingka di daerah lain yang dikukus, Bingka Bakar khas Batam dimasak dengan cara dibakar atau dipanggang.

Proses pembakaran ini menghasilkan aroma dan rasa yang khas pada Bingka Bakar Batam. Kulit luarnya yang berwarna coklat keemasan memiliki tekstur renyah, sementara bagian dalamnya lembut dan berongga, sehingga memberikan sensasi rasa yang unik di setiap gigitan.

Bingka Bakar Batam biasanya disajikan dengan topping taburan gula halus atau parutan kelapa. Perpaduan rasa manis legit dari bingka dengan gurihnya kelapa parut menciptakan sensasi rasa yang tak terlupakan.

Mencicipi Bingka Bakar Batam tidak hanya memanjakan lidah, tetapi juga menjadi cara untuk mengenal lebih dekat budaya Melayu-Riau di pulau ini. Kue ini sering disajikan dalam berbagai acara adat dan tradisi, menjadikannya bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Batam.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Makan Enak dan Unik di Jogja: Sate Klathak Pak Jede

Bagi Sobat Pesona yang ingin membawa pulang oleh-oleh khas Batam, Bingka Bakar adalah pilihan yang tepat. Kue ini mudah ditemukan di berbagai toko oleh-oleh di Batam, dengan harga yang relatif terjangkau.

Tips:

  • Pilihlah Bingka Bakar yang masih hangat untuk mendapatkan tekstur yang optimal.
  • Jika ingin menikmati rasa yang lebih legit, Anda bisa menambahkan topping susu kental manis atau madu.
  • Bingka Bakar dapat disimpan dalam wadah kedap udara selama 2-3 hari.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi Bingka Bakar saat berkunjung ke Pulau Batam. Rasakan sensasi manis legit dan tekstur unik dari kue tradisional ini yang akan membuat Anda ketagihan.

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini