Yuk Intip Gaji Seorang Bartender di Indonesia dan Luar Negeri

- 26 Februari 2024, 19:47 WIB
Gaji seorang Bartender profesional di Indonesia dan luar negeri
Gaji seorang Bartender profesional di Indonesia dan luar negeri /Bartender Indo/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Dunia bartending tidak hanya menawarkan kesempatan untuk berkreasi dalam meracik minuman tetapi juga potensi pendapatan yang menarik. Gaji bartender dapat bervariasi secara signifikan tergantung pada lokasi, pengalaman, dan jenis tempat mereka bekerja.

Besaran gaji seorang bartender profesional di Indonesia dan luar negeri berbeda-beda dan tergantung dari pengalaman seorang bartender itu sendiri.

Gaji Bartender di Indonesia

Di Indonesia, rata-rata gaji pokok untuk bartender adalah sekitar Rp 3.943.998 per bulan. Namun, gaji ini bisa berfluktuasi berdasarkan kota dan tingkat pengalaman individu.

Misalnya, di Tangerang, gaji rata-rata bartender bisa mencapai Rp 4.870.233 per bulan, sementara di Jakarta adalah sekitar Rp 4.598.418 per bulan.

Di sisi lain, bartender pemula mungkin memulai dengan gaji yang lebih rendah, sedangkan bartender dengan pengalaman lebih banyak atau yang bekerja di tempat-tempat premium dapat mengharapkan pendapatan yang lebih tinggi.

Gaji Bartender Internasional

Di luar negeri, gaji bartender bisa sangat beragam. Misalnya, di Australia, gaji tahunan rata-rata untuk pekerjaan dasar adalah sekitar AUD 68.900, yang setara dengan jutaan rupiah.

Baca Juga: Menjadi Bartender Profesional: Panduan Kursus dan Pelatihan ada Disini Tempatnya

Sementara itu, di Amerika Serikat, gaji rata-rata per bulan adalah USD 6.228, yang juga setara dengan jutaan rupiah. Perbedaan ini mencerminkan biaya hidup dan standar industri di masing-masing negara.

Faktor yang Mempengaruhi Gaji

Beberapa faktor yang mempengaruhi gaji bartender meliputi:

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x