Peningkatan Kualitas Medis: Tim Arab Saudi Bantu Dokter Muda di Medan

- 28 Mei 2024, 06:00 WIB
22 Tim Medis Arab Saudi Berikan Pelatihan Dokter Muda di RSUP Adam Malik
22 Tim Medis Arab Saudi Berikan Pelatihan Dokter Muda di RSUP Adam Malik /infopublik.id/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Tim medis berjumlah 22 orang dari Arab Saudi akan terus membantu menyelamatkan nyawa masyarakat tidak mampu di Sumatra Utara melalui berbagai tindakan medis kompleks di RSUP Adam Malik, Medan. Kehadiran mereka tidak hanya membantu menyelamatkan nyawa, tetapi juga memberikan pelatihan berharga kepada dokter-dokter muda Indonesia dalam menangani bedah jantung terbuka, katerisasi, dan bedah jantung anak.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, dalam keterangan resminya, menyatakan bahwa kehadiran tim medis dari Arab Saudi merupakan contoh nyata bagaimana dokter asing dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dokter spesialis bedah jantung di Indonesia.

"Terutama yang muda-muda karena mereka juga turut terlibat dan melihat langsung tindakan yang dilakukan oleh beberapa dokter bedah jantung terbaik di Arab Saudi," ujar Menkes Budi.

Menkes Budi juga menambahkan bahwa keberadaan dokter asing ini akan mempercepat alih ilmu pengetahuan dan meningkatkan kualitas para dokter muda Indonesia. Transfer pengetahuan dari tim dokter Arab Saudi meliputi tindakan operasi AV Replace dan Bentall Procedure, dua jenis operasi jantung terbuka yang kompleks dan belum pernah dilakukan di Sumatera Utara.

Ketua Tim Pengampu Layanan Kardiovaskular RSUP Adam Malik, Faisal Habib, menjelaskan bahwa dokter spesialis bedah jantung atau spesialis jantung intervensi dari Arab Saudi turut memberikan pengetahuan kepada para dokter di Adam Malik dalam menangani kasus-kasus bedah jantung dan kateterisasi tingkat lanjut.

"Salah satu keahlian mereka yang advance adalah bagaimana melakukan bedah jantung dengan tidak lagi buka seluruh dada, tetapi hanya sebagian kecil bukaan. Inilah keahlian mereka yang kita pelajari," kata Faisal.

Baca Juga: Revolusi Digital Pelayanan Publik: Presiden Jokowi Perkenalkan INA Digital di SPBE Summit

Tim medis dari Arab Saudi terdiri dari 11 dokter dan 11 tim penunjang seperti perawat spesialis, perfusionist, dan terapis pernapasan. Mereka berasal dari King Faisal Cardiac Center (KFCC), King Abdul-Aziz Medical City (KAAMC), dan King Abdullah International Medical Research Center (KAIMRC).

Program kerja sama ini merupakan bagian dari pilar kedua Transformasi Sistem Kesehatan Rujukan, yang bertujuan agar seluruh RS pemerintah pusat dan daerah dapat melakukan bedah jantung terbuka serta bedah jantung anak tanpa harus selalu dirujuk ke Jakarta. Penyakit jantung merupakan penyumbang kematian terbesar kedua di Indonesia, yaitu 250.000 orang per tahun dan 6.000 anak per tahun.

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini