Parade Mobil Hias dan Pawai Budaya Ramaikan HJKS ke-731 di Surabaya

- 27 Mei 2024, 14:30 WIB
Surabaya Vaganza: Parade Mobil Hias dan Pawai Budaya Meriahkan HJKS ke-731
Surabaya Vaganza: Parade Mobil Hias dan Pawai Budaya Meriahkan HJKS ke-731 /infopublik/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-731, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi secara resmi membuka gelaran Parade Mobil Hias dan Pawai Budaya ‘Surabaya Vaganza’ di Tugu Pahlawan Surabaya pada Minggu (26/5/2024). Acara tersebut diikuti oleh ratusan peserta yang mengenakan beragam busana bertemakan ‘The Chronicle of Surabaya’, yang menggambarkan perjalanan panjang sejarah Kota Pahlawan dari masa ke masa.

Wali Kota Eri Cahyadi, bersama Ketua TP PKK Surabaya Rini Indriyani, tampil memukau dengan mengenakan busana Manten Pegon. Busana pengantin khas Kota Pahlawan ini merupakan hasil akulturasi budaya Eropa, Arab, Cina, dan Jawa, dan telah diakui sebagai warisan budaya tak benda oleh Kemdikbudristek RI.

Dalam sambutannya, Eri Cahyadi menyampaikan bahwa melalui event ‘Surabaya Vaganza’, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya ingin menggugah masyarakat untuk terus mengingat perjalanan panjang sejarah Kota Surabaya hingga saat ini.

"Hari ini tema ‘Surabaya Vaganza’ adalah ‘The Chronicle of Surabaya’ atau perjalanan Surabaya dari masa ke masa. Karenanya, warga Surabaya harus ingat bagaimana Surabaya berdiri saat zaman kerajaan, kolonial, hingga saat ini,” ujar Eri.

Eri juga mengajak warga Kota Surabaya untuk tidak melupakan sejarah, serta menghargai perjuangan para pendahulu dalam mendirikan dan mempertahankan Kota Pahlawan.

Baca Juga: Ribuan Peserta Rujak Uleg Adu Kelezatan di Taman Surya Balai Kota Surabaya

“Ayo semua warga Surabaya lewat gelaran ‘Surabaya Vaganza’ hari ini, saya bersama anda semua harus terus menguatkan guyup rukun dan gotong-royongnya,” ajaknya. Meski warga Surabaya terkenal dengan prinsip hidup yang keras, mereka memiliki kelembutan hati untuk menguatkan persatuan, guyup rukun, dan rasa gotong-royong.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang hari ini ikut menyukseskan ‘Surabaya Vaganza’. Saya yakin, warga Surabaya terus menjaga dan menguatkan persatuan, guyup rukun, dan saling menghormati satu sama lain,” tambahnya.

Setelah memberangkatkan Parade Mobil Hias, yang diiringi oleh musik hadrah dan paguyuban Cak Ning, Wali Kota Eri bersama Ketua TP PKK Surabaya Rini Indriyani mengendarai mobil Jeep menuju Alun-Alun Surabaya. Rombongan tersebut diikuti oleh para Forkompinda Kota Surabaya menggunakan Jeep Willys, serta para peserta Pawai Budaya.

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini