KPU Lingga: Pelantikan 252 Anggota PPS untuk 84 Desa dan Kelurahan

- 26 Mei 2024, 16:04 WIB
Pelantikan 252 Anggota PPS untuk 84 Desa dan Kelurahan di Aula Kantor Bupati Lingga
Pelantikan 252 Anggota PPS untuk 84 Desa dan Kelurahan di Aula Kantor Bupati Lingga /Paino/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lingga resmi melantik sebanyak 252 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang tersebar di 84 desa dan kelurahan di Kabupaten Lingga, pelantikan berlangsung di Aula kantor Bupati Lingga pada Minggu (26/5/2024).

Ketua KPU Lingga Ardhi Aulia mengatakan, para anggota PPS ini akan segera mulai melaksanakan tugasnya, salah satunya adalah merekrut Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) atau Badan Pemutakhiran Data Pemilih (BPDP) untuk melakukan pendataan ulang pemilih menjelang Pilkada.

"Tugas PPS sangat krusial dalam memastikan seluruh masyarakat Kabupaten Lingga yang memenuhi syarat sebagai pemilih tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Jika ada yang tidak masuk dalam DPT, kita akan kesulitan mengakomodir logistik pada saat hari H pemilihan," jelasnya.

Saat ini, ungkap Ardhi, DPT terakhir di Kabupaten Lingga adalah 75.088 pemilih. Setelah penyandingan Data Pemilih (DP) 4 dengan data terbaru, jumlahnya meningkat menjadi 75.143 pemilih. Ardhi menambahkan bahwa masih ada sekitar 600 pemilih khusus yang memiliki KTP Lingga namun belum masuk DPT.

"Kami terus berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) untuk memastikan data terbaru ini terakomodir dalam DPT," ungkap Ardhi.

Baca Juga: 65 Anggota PPK Lingga Dilantik untuk Sukseskan Pilkada 2024, Ketua KPU Lingga Titip Pesan

Ketua KPU Lingga, Ardhi Aulia
Ketua KPU Lingga, Ardhi Aulia

Untuk memastikan para anggota PPS siap melaksanakan tugasnya, KPU Lingga akan memberikan bimbingan secara berkelanjutan.

"Kami akan terus mensosialisasikan proses pemilihan kepada pemilih, khususnya pemilih pemula. Program seperti Go to School, dan Go to Campus akan membawa misi edukasi tentang proses pemilihan kepala daerah pada November mendatang," kata Ardhi.

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah