Si Daing Sultan: Solusi Imigrasi Dabo Singkep untuk Warga dengan Kebutuhan Khusus

- 24 Mei 2024, 19:54 WIB
Petugas Imigrasi Kelas II Non TPI Dabo Singkep saat melayani pemohon layanan Si Daing Sultan
Petugas Imigrasi Kelas II Non TPI Dabo Singkep saat melayani pemohon layanan Si Daing Sultan /Dok. Imigrasi Dabo Singkep/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Imigrasi Kelas II Non TPI Dabo Singkep terus menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik bagi warga, terutama bagi mereka yang masuk dalam kategori kelompok rentan.

Kepala Imigrasi Kelas II Non TPI Dabo Singkep, Yanto Ardianto, mengatakan Si Daing Sultan merupakan kepanjangan dari Imigrasi Dabo Singkep Khusus Lansia dan Kelompok Rentan.

"Si Daing Sultan ini untuk membantu warga yang membutuhkan pelayanan khusus, seperti lansia dan kelompok rentan," kata Yanto Ardianto, Jumat (24/5/2024).

Belum lama ini diungkapkan Yanto, pada 22 Mei 2024, Imigrasi Dabo Singkep melayani pemohon seorang ibu rumah tangga, yang bersangkutan atau pemohon layanan paspor tidak bisa datang ke kantor Imigrasi karena baru saja menjalani operasi, namun yang bersangkutan membutuhkan paspor untuk pengobatan lanjutan di salah satu rumah sakit di Johor, Malaysia.

"Pelayanan Si Daing Sultan ini diberikan langsung di rumah pemohon yang sakit itu. Kami memahami kondisinya yang tidak memungkinkan untuk datang langsung ke kantor Imigrasi, sehingga kami memutuskan untuk memberikan layanan di rumahnya," ungkap Yanto.

Baca Juga: Nikah 2 Kali dengan WNI, Imigrasi Tasikmalaya Deportasi WNA India Over Stay 117 Hari

Dijelaskan Yanto, untuk layanan Si Daing Sultan dapat diajukan pemohon setidaknya sepekan sebelumnya ke Kantor Imigrasi yang selanjutkan akan ditindaklanjuti oleh petugas Imigrasi Dabo Singkep. Setelah permohonan disetujui, dan semua persyaratan dipenuhi, petugas Imigrasi segera melakukan entri data dan datang ke rumah pemohon.

Pelayanan Si Daing Sultan merupakan bentuk kepedulian dan inovasi dari Imigrasi Kelas II Non TPI Dabo Singkep untuk memastikan bahwa setiap warga, termasuk mereka yang sakit, lanjut usia, atau dalam kondisi rentan, mendapatkan pelayanan yang layak dan tidak terbatas oleh kondisi fisik mereka.

"Dengan layanan ini, kami berharap bisa meringankan beban warga yang membutuhkan, terutama dalam hal administrasi keimigrasian yang penting untuk pengobatan di luar negeri. Semoga layanan ini terus bermanfaat bagi masyarakat," tutup Yanto Ardianto.

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah