Gempa Bumi Magnitudo 5,3 Guncang Kabupaten Malang

- 21 Mei 2024, 19:35 WIB
Gempa Bumi
Gempa Bumi /

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,3 mengguncang wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada Selasa dini hari. Gempa terjadi sekitar pukul 02.42 WIB, mengejutkan warga yang tengah beristirahat.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut terjadi di koordinat 9.28 derajat Lintang Selatan dan 112.61 derajat Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer. Pusat gempa berada di laut, sekitar 127 kilometer tenggara Kabupaten Malang.

"Gempa Mag:5,3 (127 km Tenggara KAB-MALANG-JATIM)," tulis BMKG dalam laporan resminya.

Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan atau korban akibat gempa tersebut. Warga di beberapa wilayah merasakan guncangan yang cukup kuat, namun belum ada laporan signifikan tentang dampak yang ditimbulkan.

BMKG juga mengingatkan masyarakat untuk tetap tenang dan waspada terhadap kemungkinan gempa susulan. Selain itu, mereka juga disarankan untuk memeriksa kondisi bangunan dan segera menjauh dari bangunan yang terlihat mengalami kerusakan.

Gempa di kawasan ini bukanlah hal yang baru, mengingat wilayah Jawa Timur termasuk daerah yang rawan gempa bumi. Aktivitas seismik di wilayah ini dipengaruhi oleh pergerakan lempeng tektonik di Samudera Hindia yang sering menyebabkan gempa bumi dengan berbagai kekuatan.

Baca Juga: Gempa 5 M di Pacitan, Ini Daerah yang Merasakan Getaran

Warga yang tinggal di pesisir dan daerah yang rentan terhadap gempa bumi diimbau untuk selalu siap siaga dan mengikuti arahan dari pihak berwenang. Penggunaan teknologi seperti aplikasi peringatan dini gempa bumi dan informasi dari BMKG sangat membantu dalam mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan gempa susulan.

Pemerintah Kabupaten Malang dan instansi terkait juga diharapkan untuk segera melakukan pemantauan dan penilaian kerusakan serta memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh warga yang terdampak. Upaya mitigasi dan edukasi kepada masyarakat tentang langkah-langkah yang harus diambil saat terjadi gempa bumi juga sangat penting untuk mengurangi risiko dan dampak bencana.

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah