Banjir Terjang Pemukiman Warga di Kabil Akibat Clearing Lahan, Warga Tuntut Solusi

- 21 Mei 2024, 18:15 WIB
Sejumlah pemukiman warga di Kawasan RW 09, Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa digenangi banjir saat hujan deras
Sejumlah pemukiman warga di Kawasan RW 09, Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa digenangi banjir saat hujan deras /Yuyun/kutipan.co

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Banjir kembali melanda pemukiman warga di RW 09, Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa, Batam, Selasa (21/5/2024). Banjir setinggi lutut orang dewasa ini diakibatkan oleh dampak aktivitas clearing lahan yang berada tepat bersebelahan dengan Pool Bus Trans Batam, Kabil.

Hujan deras yang mengguyur sejak pagi hari memperparah kondisi banjir. Menurut salah satu warga setempat, Eko, banjir sudah terjadi sejak subuh dan merendam seluruh perabotan di rumahnya.

"Sejak subuh rumah kami sudah kebanjiran. Seluruh perabotan di rumah habis terendam banjir, kalau sudah begini siapa yang bertanggung jawab?" keluh Eko.

Eko menuding pihak pengembang yang menggarap lahan tersebut tidak memikirkan nasib warga. Drainase yang seharusnya diperluas justru diperkecil, sehingga air hujan meluap dan menggenangi pemukiman.

"Seharusnya drainase di simpang Polsek Nongsa di perbesar, bukan malah dikasih gorong-gorong kecil seperti ini. Kalau seperti ini kami bakal terus kebanjiran," tegasnya.

Baca Juga: Pendidikan SMA/Sederajat Dominasi Angkatan Kerja Kepri, TPT Turun

Eko berharap agar Pemerintah Kota Batam dan instansi terkait lainnya dapat segera mengatasi permasalahan ini. Ia juga meminta agar aktivitas clearing lahan yang mengganggu kenyamanan warga dihentikan.

"Kami berharap Pemerintah Kota Batam, BP Batam serta pihak Kepolisian dapat menyelesaikan masalah ini. Warga sudah resah, bila perlu di tutup saja aktivitas clearing lahan tersebut," pungkasnya.

Menanggapi keluhan warga, Kapolsek Nongsa Kompol Restia Octane Guchy mengatakan bahwa pihaknya tengah berupaya mencari solusi terbaik.

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah