Jaringan Narkoba Tawau-Sebatik Dibongkar, TNI AL Sita 142 Gram Sabu

- 19 Mei 2024, 07:05 WIB
Tim Gabungan TNI AL Berhasil Menggagalkan Pengiriman Narkotika Jenis Sabu Seberat 142 Gram dari Malaysia Masuk ke Indonesia Melalui Nunukan, Kalimantan Utara
Tim Gabungan TNI AL Berhasil Menggagalkan Pengiriman Narkotika Jenis Sabu Seberat 142 Gram dari Malaysia Masuk ke Indonesia Melalui Nunukan, Kalimantan Utara /infopublik/tni.mil.id

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Tim Gabungan TNI Angkatan Laut (TNI AL) yang terdiri dari Tim Second Fleet Quick Response (SFQR) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Nunukan, Kalimantan Utara berhasil menggagalkan pengiriman Narkotika jenis Sabu seberat 142 gram, dari Tawau, Malaysia pada hari Jumat (17/5/2024).

Penggagalan penyelundupan ini terjadi saat Tim Gabungan TNI AL sedang melaksanakan pengamanan dan pemeriksaan di Pelabuhan Tradisional Somel, Sebatik. Petugas mencurigai seorang pemuda yang membawa tas ransel dan langsung melakukan pemeriksaan.

"Ketika dilakukan pemeriksaan, ditemukan tiga bungkus plastik bening ukuran sedang berisi kristal putih yang diduga sabu-sabu yang dibawa dari Tawau Malaysia," ungkap keterangan pers yang diterima redaksi InfoPublik pada Sabtu (18/5/2024).

Pria berinisial WP (25 tahun) dalam pemeriksaannya mengaku diperintah oleh rekannya berinisial AD yang tinggal di Malaysia dengan imbalan uang RM500.

Dari penggagalan penyelundupan ini, Tim Gabungan TNI AL berhasil mengamankan barang bukti berupa:

Baca Juga: WNI dan 3 WNA Terlibat Jaringan Narkoba Hydra di Bali Lab Narkoba Rahasia di Vila Canggu Dibongkar

  • Tiga bungkus plastik bening ukuran sedang berisi sabu-sabu dengan berat 142 gram
  • Satu tas ransel berwarna coklat
  • Satu tas selempang kecil
  • KTP
  • Smartphone android
  • Uang rupiah senilai Rp505.000
  • Uang ringgit senilai RM17

Panglima Komando Armada II (Pangkoarmada II) Laksda TNI Ariantyo Condrowibowo menyampaikan rasa bangganya atas kerja profesional prajurit dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. "Hal ini menunjukkan komitmen TNI AL dalam menjaga keamanan masyarakat, terutama generasi penerus dari bahaya narkoba," tegas Pangkoarmada II.

Keberhasilan penggagalan penyelundupan ini merupakan bukti nyata komitmen TNI AL dalam memerangi peredaran narkoba di wilayah Indonesia. Upaya ini diharapkan dapat mencegah generasi muda terjerumus ke dalam bahaya narkoba dan menjaga keamanan masyarakat.

Editor: Akhlil

Sumber: infopublik.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini