Ulat Bulu Serang Pohon Kelapa di Desa Kote, Warga Alami Gatal-gatal

- 18 Mei 2024, 14:15 WIB
Ulat Bulu Serang Pohon Kepala di Desa Kote, Warga Alami Gatal-gatal
Ulat Bulu Serang Pohon Kepala di Desa Kote, Warga Alami Gatal-gatal /

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Hama ulat bulu yang belum diketahui jenisnya menyerang pemukiman warga di Dusun Tiga, Desa Kote, Kecamatan Singkep Pesisir, Kabupaten Lingga. Hama ulat bulu ini memakan daun kelapa tepat di tengah pemukiman warga. Serangan hama ulat bulu ini selain merusak daun kepala juga menyebabkan gatal-gatal pada warga yang terkena bulunya.

Salah satu warga Desa Kute, Suryadi, mengatakan bahwa serangan hama ulat bulu ini baru pertama kali terjadi di wilayahnya. Akibat dari serangan ulat bulu itu terdapat warga yang mengalami bengkak dan gatal-gatal setelah terinjak ulat bulu, atas peristiwa itu warga setempat melapor adanya serangan ulat bulu yang menyerang belasan pohon kelapa ke Pemerintah Desa Kote.

"Cucu ada yang terinjak kakinya, kira-kira ada belasan pohon kelapa yang ada ulat bulu ini," kata Suryadi, Jumat (17/5/2024).

Meskipun ulat bulu ini tidak masuk ke rumah warga, namun ulat bulu ini sering hinggap di baju yang sedang dijemur. Hal ini menyebabkan rasa gatal dan tidak nyaman bagi warga.

Belasan pohon kelapa di pemukiman warga Desa Kote di serang ulat bulu
Belasan pohon kelapa di pemukiman warga Desa Kote di serang ulat bulu

Baca Juga: Seorang Remaja Hanyut Terseret Arus Banjir Bandang Air Terjun Old Courtallam

"Tapi masyarakat yang jemur baju ada yang di hinggap ulat bulu ini," kata Suryadi.

Akibat dari serangan hama ulat bulu ini, beberapa warga yang memenfaatkan daun kelapa muda untuk di jual sebagai sarung ketupat terancam merugi karena tidak dapat menghasilkan pundi-pundi Rupiah, biasanya pada saat akan menyambut lebaran Idul Adha warga memanfaatkan daun muda atau pucuk daun kelapa untuk di jual sebagai sarung ketupat.

Menanggapi hal ini, pihak Pemerintah Desa Kote berharap agar pihak terkait dapat membantu mereka dalam mengatasi hama ulat bulu ini.

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah