Buntut Pengusiran Wartawan oleh KPU, PWI Lingga Siap berikan Pendampingan Hukum

- 1 Maret 2024, 16:00 WIB
Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lingga, Iman Arifandy
Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lingga, Iman Arifandy /Dok. Selingga.com/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lingga menegaskan akan memberikan pendampingan hukum terhadap wartawan yang diperlakukan tidak baik oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lingga.

Hal ini buntut dari adanya salah satu wartawan yang tidak diperbolehkan masuk untuk meliput rapat Pleno terbuka rekapitulasi dan penghitungan suara di Kantor KPU Lingga pada Kamis (29/2/2024).

Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lingga, Iman Arifandy menegaskan PWI telah berkoordinasi dengan PWI Kepri dan PWI Pusat terkait perihal tersebut dan PWI bersedia memberikan pendampingan terhadap wartawan yang mendapatkan perlakukan tidak menyenangkan oleh KPU Lingga.

’’Apabila diminta, PWI siap memberikan pendampingan sebab sikap menghalangi-halangi, mengusir, atau menutup akses terhadap wartawan yang hendak melakukan tugas-tugas jurnalistik adalah bentuk arogansi kekuasaan yang tidak pantas dilakukan oleh seorang pejabat publik apalagi ini menyangkut kepentingan umum,” tegasnya.

Baca Juga: Yuk Kenali Nama-nama anggota KPU Lingga Sekalian Intip Besaran Gajinya Berdasarkan Perpres

Redaktur media Selingga.com ini juga mengecam pengusiran wartawan yang sedang melakukan peliputan sebab dalam melaksanakan tugasnya, jurnalis mendapat perlindungan hukum, yaitu Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik Wartawan Indonesia.

“Dengan adanya undang-undang tersebut merupakan suatu bentuk perlindungan hukum bagi wartawan dalam menjalankan profesinya. Oleh karena itu, kita sangat menyayangkan sikap dari KPU Lingga, padahal selama ini hubungan berjalan sangat baik,” tambahnya.

Terkait belum adanya tanggapan permasalahan pengusiran wartawan pada saat pleno rekapitulasi suara di Kantor KPU Lingga, Iman mengaku sudah berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk mengupayakan langkah-langkah hukum.

Hal ini agar tidak terjadi lagi adanya pengusiran wartawan yang sedang melakukan tugas peliputan di bumi Bunda Tanah Melayu.

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x