Ketua PJS soroti KPU Lingga Arogansi Usir Wartawan

- 1 Maret 2024, 09:41 WIB
Ketua Pro Jurnalismedia Siber Hari Kurniawan soroti diskriminasi pres oleh KPU Lingga
Ketua Pro Jurnalismedia Siber Hari Kurniawan soroti diskriminasi pres oleh KPU Lingga /Rian/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Pasca insiden pengusiran salah satu wartawan saat hendak melakukan peliputan mendapat sorotan dari sejumlah pihak, salah satunya Ketua Ketua Pro Jurnalismedia Siber (PJS) Hari Kurniawan.

Hari Kurniawan mengatakan, jurnalis semestinya tidak diperlakukan demikian, sebab jurnalis merupakan mitra strategis bagi sejumlah instansi dalam menyampaikan berbagai informasi untuk khalayak ramai.

"Peliputan mutlak tugas profesi Pers, apalagi Willy adalah salah seorang pers Kabupaten Lingga yang sudah memilki legalisasi Dewan Pers," kata Hari, Kamis (29/2/2024).

Wartawan yang diusir oleh KPU Lingga tersebut diungkapkan Hari yakni Willy, merupakan wartawan yang berdomisili di Daik Lingga dan telah memiliki sertifikasi uji kompetensi Dewan Pers.

Baca Juga: Wartawan Diusir saat Rapat Pleno Rekapitulasi Ketua KPU Lingga sebut Hoax

"Artinya bukan wartawan yang hanya mengatasnamakan sendiri, dia wartawan yang telah berkompeten,” kata Hari.

Hari menyayangkan perlakuan diskriminasi tersebut terjadi di Kabupaten Lingga, apalagi hal ini terjadi pada profesi jurnalis yang mana notabennya adalah mitra kerja.

“Kita minta arogansi seperti yang terjadi tidak di ulangi," kata Hari.

Hari berpendapat jika rapat pleno tersebut tidak dibuka untuk umum, maka tutup saja akses segala informasi, jangan menimbulkan ambigu, sehingga tidak terjadi salah persepsi antara kinerja pers dan aturan main KPU dalam rapat pleno tersebut.

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini