KPU Batam Klarifikasi Penggunaan Sirekap: Rekapitulasi Suara Manual Berpedoman pada C Hasil TPS

- 22 Februari 2024, 16:42 WIB
Gedung KPU Batam
Gedung KPU Batam /Maulana/Tanjungpinang.Pikiran-Rakyat/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Dalam proses demokrasi yang transparan dan akuntabel, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam menegaskan bahwa Sirekap hanya berfungsi sebagai alat bantu dalam rekapitulasi perolehan suara.

Sesuai dengan prosedur yang ditetapkan, rekapitulasi suara tingkat kecamatan akan mengacu pada formulir C hasil dari Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Adri Wislawawan, Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kota Batam, menyatakan bahwa meskipun Sirekap web digunakan untuk publikasi hasil, proses pleno rekapitulasi suara yang dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) tetap bersifat manual.

Ini sesuai dengan amanah Undang-Undang dan pasal 15 Peraturan KPU (PKPU) Nomor 5 Tahun 2024.

“Apabila terjadi perbedaan antara data Sirekap dan C Hasil, PPK akan melakukan koreksi pada Sirekap sesuai dengan data yang terdapat dalam formulir C Hasil dari TPS," kata Adri, Kamis (22/2/2024).

Baca Juga: Berikut TPS di Batam akan Lakukan PSU dan PSL, Ketua KPU Batam Beberkan Penyebabnya

Hingga H+8 setelah pemungutan suara pada 14 Februari 2024, data penghitungan suara yang telah dipublikasikan di laman informasi pemilu untuk Kota Batam mencapai 40 persen untuk Pilpres, 34 persen untuk Pileg DPD RI, 27 persen untuk Pileg DPR RI, 25 persen untuk Pileg DPRD Provinsi, dan 26 persen untuk Pileg DPRD Kota Batam.

"KPU Kota Batam akan melakukan pleno rekapitulasi perolehan suara secara manual dengan alat bantu SIrekap Web," katanya.

Pleno rekapitulasi perolehan suara di tingkat kecamatan dijadwalkan mulai dari 15 Februari hingga 2 Maret 2024, sesuai dengan lampiran I PKPU 5 Tahun 2024.

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini