KPU Pastikan Akses Terbuka Sirekap Pemilu 2024: Transparansi Hasil Real Count

- 21 Februari 2024, 11:05 WIB
Anggota KPU RI Idham Holik
Anggota KPU RI Idham Holik /Karawangpost/Foto/KPU RI

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Idham Holik, menegaskan bahwa sistem rekapitulasi suara Pemilu 2024, Sirekap, akan tetap terbuka untuk diakses publik. Hal ini memungkinkan masyarakat untuk terus mengikuti perkembangan terbaru hasil pemilu.

Meskipun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI sempat menyarankan agar Sirekap tidak menampilkan data perolehan suara sementara waktu, KPU memastikan bahwa sistem tersebut akan tetap online. 

Saran dari Bawaslu tersebut muncul karena adanya ketidaksesuaian angka dalam Sirekap setelah konversi dari Formulir Model C1-Plano.

KPU telah mengambil langkah untuk menghentikan sementara penayangan informasi mengenai data perolehan suara, namun tetap melanjutkan proses akurasi data.

Baca Juga: KPU: 64,8 Persen Dokumen C1 Pilpres Sudah Masuk Sirekap

Sirekap, sebagai alat bantu penghitungan suara pemilu, dianggap memiliki peran strategis dalam memenuhi hak informasi masyarakat.

Dengan komitmen untuk menciptakan pemilu yang profesional, KPU berupaya memanfaatkan keunggulan Sirekap untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses informasi. 

Sirekap, yang merupakan aplikasi berbasis teknologi informasi, berfungsi sebagai sarana publikasi hasil penghitungan suara dan proses rekapitulasi.

Masyarakat diundang untuk memantau perkembangan hasil pemilu secara langsung melalui situs resmi KPU. Hasil yang ditampilkan merupakan real count dan bukan hasil akhir pemilu 2024. 

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini