Ribuan Surat Suara Pemilu 2024 Dimusnahkan KPU Batam

- 13 Februari 2024, 23:55 WIB
KPU Batam musnahkan ribuan lembar sisa surat suara dan surat suara yang rusak
KPU Batam musnahkan ribuan lembar sisa surat suara dan surat suara yang rusak /yuyun/kutipan

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam mengadakan prosesi pemusnahan 7.148 lembar surat suara Pemilu 2024 yang rusak atau melebihi kebutuhan.

Prosesi pemusnahan ini dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kota Batam, Mawardi, didampingi oleh Komisioner KPU Batam Divisi Hukum dan Pengawasan Internal, Bosar Hasibuan, serta sejumlah tamu undangan termasuk perwakilan dari Bawaslu dan pihak kepolisian.

Ketua KPU Batam, Mawardi menjelaskan bahwa pemusnahan surat suara ini sesuai dengan Keputusan KPU 1395 yang menetapkan bahwa fase terakhir dari tata kelola logistik Pemilu adalah pemusnahan surat suara yang rusak atau melebihi kebutuhan.

"Hari ini sebanyak 7.148 lembar surat suara dimusnahkan karena rusak maupun melebihi jumlah kebutuhan," ujar Mawardi, Selasa (13/2/2024).

Baca Juga: TNI-Polri Kawal Distribusi Logistik ke 3 Pulau Terluar di Bintan

Dari jumlah tersebut, surat suara terbanyak yang dimusnahkan adalah jenis Pemilu DPRD Provinsi sebanyak 3.641 lembar dari seluruh daerah pemilihan.

Selain itu, juga dimusnahkan surat suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden sebanyak 1.910 lembar, surat suara Pemilu DPRD Kabupaten/Kota sebanyak 1.218 lembar, surat suara Pemilu DPR RI sebanyak 327 lembar, dan surat suara Pemilu DPD sebanyak 52 lembar.

Mawardi menambahkan bahwa proses penggantian surat suara yang rusak telah dilakukan secara bertahap sejak bulan Januari hingga Februari 2024. Selain itu, proses distribusi logistik Pemilu juga telah berjalan dengan baik dan sesuai prosedur.

"Kami telah memastikan bahwa semua surat suara yang dibutuhkan untuk Kota Batam, sebanyak 4,3 juta lembar, telah terdistribusi ke masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) sesuai sasaran dan tepat waktu," katanya.

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini