Panduan Mengenali Surat Suara Pemilu 2024: Pentingnya Memahami Ciri-Ciri Setiap Surat Suara

- 11 Februari 2024, 17:35 WIB
Contoh surat suara Pemilu 2024
Contoh surat suara Pemilu 2024 /Dok. KPU RI/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Hari pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 semakin dekat. Masyarakat di seluruh Indonesia akan menggunakan hak pilihnya dalam lima pemilihan sekaligus pada Pemilu Serentak 2024 yang akan dilaksanakan pada 14 Februari mendatang.

Pemilu Serentak 2024 tidak hanya mencakup Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres), namun juga Pemilihan Legislatif (Pileg) untuk memilih anggota DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, dan DPD RI.

Salah satu aspek penting dari penyelenggaraan Pemilu adalah keberadaan surat suara. Dikarenakan dilakukan secara serentak, terdapat lima jenis surat suara untuk capres-cawapres hingga caleg pada Pemilu 2024.

Masing-masing surat suara ini memiliki ciri khas yang menjadi penandanya, yang dapat dikenali dari warna dan fitur-fitur khusus yang ada. Untuk memastikan pemilihan berjalan dengan lancar dan sesuai, masyarakat perlu memahami ciri-ciri dari masing-masing surat suara. Berikut adalah panduan singkat mengenali lima surat suara Pemilu 2024:

Baca Juga: Cara Mudah Cek DPT Pemilu 2024, Lewat Handphone Juga Bisa

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh KPU Republik Indonesia (@kpu_ri)

 

  1. Pilpres

    • Warna: Abu-abu
    • Kegunaan: Memilih pasangan calon presiden dan calon wakil presiden periode selanjutnya.
    • Petunjuk Penggunaan: Pastikan surat suara tidak rusak atau terlipat, tandai atau beri centang di balik foto pasangan calon.
  2. DPR RI

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x