Cara Mudah Cek DPT Pemilu 2024, Lewat Handphone Juga Bisa

- 11 Februari 2024, 10:25 WIB
Cek DPT Online (Foto: Screenshot pada laman cekdptonline.kpu.go.id)
Cek DPT Online (Foto: Screenshot pada laman cekdptonline.kpu.go.id) /

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Dalam rangka menyongsong Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang akan digelar pada Februari mendatang, penting bagi setiap calon pemilih untuk memastikan status daftar pemilih tetap (DPT) masing-masing. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa data pribadi sudah terdaftar secara resmi dalam DPT sebagai acuan pada pemilu serentak yang akan berlangsung pada tanggal 14 Februari 2024.

Manfaat dari melakukan cek DPT secara mandiri secara online adalah untuk memastikan bahwa calon pemilih tidak kehilangan hak pilihnya dalam menyuarakan pilihan pada saat pemilu berlangsung.

Bagi mereka yang sudah terdaftar, hak pilihnya akan tetap terjaga. Namun, bagi yang belum terdaftar, penting untuk segera mengkonfirmasi statusnya ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) terdekat.

Mengecek DPT dapat dilakukan dengan mudah melalui situs resmi KPU klik link berikit : infopemilu.kpu.go.id atau cekdptonline.kpu.go.id.

Berikut langkah-langkah untuk melakukan pengecekan DPT secara online:

Baca Juga: Ingat PKPU Dilarang Bawa Handphone saat di Bilik Suara

  1. Kunjungi laman resmi KPU di tautan infopemilu.kpu.go.id, kemudian pilih menu "Cek DPT Online" atau akses laman cekdptonline.kpu.go.id.

  2. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang berjumlah 16 digit.

  3. Pastikan seluruh data diri yang tercantum sudah benar.

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x