Pangeran William Siap Ambil Alih Tugas Kerajaan dari Raja Charles III yang Sakit Kanker

- 11 Februari 2024, 08:00 WIB
pangeran william dan raja charles
pangeran william dan raja charles /Getty

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Pangeran William, pewaris takhta Inggris, siap mengambil alih beberapa tugas kerajaan atas nama ayahnya, Raja Charles III, yang memutuskan mundur dari tugas publik untuk menjalani pengobatan kanker. Pangeran William baru saja kembali menjalankan tugas resminya pekan ini setelah mengambil cuti untuk membantu istrinya, Catherine, yang sedang dalam proses pemulihan dari operasi perut.

Pada Senin, 5 Februari 2024, Istana Buckingham mengumumkan bahwa Raja Charles III didiagnosis menderita kanker dan telah memulai pengobatan. Menurut laporan media lokal, dia kini menjadi pasien rawat jalan di bawah pengawasan tim dokter spesialisnya, dan telah menunda semua tugas publiknya.

Raja Charles III, 75 tahun, berada dalam kondisi baik seperti biasa. Hanya sedikit frustrasi karena kondisinya tidak hanya memengaruhi rencananya sendiri tetapi juga berdampak pada orang lain. Raja Charles III tidak ingin menekan Pangeran William dengan tanggung jawab di kerajaan, terutama saat sang putra sedang fokus pada kesehatan istrinya.

Pada Selasa, 7 Februari, Raja Charles III muncul di hadapan publik untuk pertama kalinya sejak diagnosis kankernya. Dia bertemu dengan putra bungsunya, Pangeran Harry, yang terbang ke London dari Los Angeles, tempat ia tinggal sejak 2020 setelah berhenti dari tugas kerajaan. Ini merupakan pertemuan tatap muka pertama antara Charles dan Harry setelah penobatan raja pada Mei lalu.

Menurut Sky News, Pangeran Harry tidak berencana menemui Pangeran William selama kunjungannya ke Inggris. Pangeran William, 41 tahun, akan kembali menjalankan tugas resminya pekan ini. Dia baru saja mengambil cuti setelah operasi perut istrinya, Catherine, pada bulan lalu.

Pangeran William diperkirakan juga akan mengambil beberapa tugas atas nama Charles. Agenda terbarunya adalah menghadiri makan malam acara penggalangan dana untuk Air Ambulance Charity London pada Rabu malam, 7 Februari 2024.

Pangeran William juga mengundurkan diri sementara dari tugas-tugasnya di hadapan publik selagi membantu istrinya, Putri Catherine, dari operasi perut yang dia jalani bulan lalu.

Charles naik takhta setelah kematian ibunya Ratu Elizabeth II, di Kastil Balmoral di Skotlandia pada 8 September 2022. Pada Mei 2023, dalam upacara penobatan raja atau ratu Inggris pertama dalam hampir 70 tahun, Raja Charles III dimahkotai di Westminster Abbey di London.

Demikianlah artikel berita terbaru tentang kanker Pangeran William. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat memberikan informasi yang akurat dan terpercaya. Selamat membaca!

Editor: Zacky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x